Kisah Seorang Petani yang Sudah Meninggal Menang Kontes Daun Bawang Raksasa

John Layman berfoto bersama putranya Tyrone dan kol (DailyMail UK)

Penulis: Rashif Usman, Editor: Reza P - Kamis, 3 Maret 2022 | 17:55 WIB

Sariagri - Seorang kakek bernama John Layman telah menghabiskan lebih dari dua dekade menanam sayuran yang berukuran besar di lahannya di Caerphilly, Wales. Lebih dari 20 tahun itu, John sukses menanam sayuran dengan ukuran raksasa yang telah menarik perhatian banyak pihak.

Mengutip dari DailyMail UK, John telah menjadi perhatian warga lokal di daerahnya setelah berhasil menanam daun bawang raksasa seberat 3,6 kilogram (kg). Namun, John tutup usia 72 tahun setelah menderita kanker darah di tahun 2019.

Hingga akhirnya, sang putra bernama Tyrone mendaftarkan daun bawang raksasa milik almarhum sang ayah di kontes sayuran yang ada di Caerphilly. Kini, John berhasil memenangkan kontes sayuran tersebut dengan daun bawangnya seberat 3,8 kg.

"Meski sang ayah sudah meninggal, lucunya dia tetap mengalahkan saya. Walaupun ia sudah tidak ada di dunia ini, ia tetap berada di posisi teratas," ujar Tyrone.

Baca Juga: Kisah Seorang Petani yang Sudah Meninggal Menang Kontes Daun Bawang Raksasa
Hemat Kebutuhan Dapur, Wanita Ini Buat Kebun Sayuran dan Buah Sendiri di Rumah

Sebelumnya, mendiang John memang gemar menanam sayuran sejak tahun 1986, di Desa Abertysswg. Kala itu, ia memenangkan kompetisi pertamanya pada tahun yang sama dengan daun bawang yang sangat besar dengan berat 3,6 kg. Selain daun bawang, John juga pandai menanam bit dan kubis raksasa.

Kini keterampilan John telah dilanjutkan oleh sang putra yang berusia 43 tahun. Tyrone juga sudah memenangkan kompetisi bit seberat 20 kg dan sayuran parnsip yang mirip wortel dengan berat 4 kg. Ia mengaku memang ingin melanjutkan warisan sang ayah yang hobi menanam sayuran berukuran besar.

Video Terkait