Jenis Buah Buahan yang Paling Bermanfaat Sesuai Kebutuhan Manusia

Ilustrasi - Buah-buahan. (Pexels)

Editor: Tanti Malasari - Senin, 14 Maret 2022 | 09:30 WIB

Sariagri - Manusia sering kali lupa untuk mengonsumsi buah buahan, padahal sebenarnya kehadiran buah sangat dibutuhkan oleh tubuh. Buah-buhan memiliki peranan penting untuk membuat tubuh menjadi sehat dan bugar. Dalam bahasa arab buah buahan, terbagi menjadi dua macam, yakni fakiha dan tsamaru. Meski artinya sama, tetapi kedua istilah ini memiliki makna yang berbeda.

Berdasarkan penemuan dari World Health Organization (WHO), terdapat 2,8% atau sebanyak 1,7 juta orang yang mengalami kematian akibat jarang mengonsumsi buah buahan ataupun sayur. Tak heran mengapa akhirnya WHO menganjurkan bagi semua orang untuk mengonsumsi minimal 150 gram buah dalam setiap harinya. Kamu bisa mendapatkan asupan ini bisa dari berbagai jenis buah buahan seperti jeruk, apel, pisang, anggur dan buah lainnya. Semua buah pada dasarnya sama, bermanfaat bagi kesehatan. Namun harus diperhatikan juga jumlah mengonsumsinya.

Berikut nama buah buahan yang bermanfaat sesuai kebutuhan tubuh.

Kebanyakan buah memiliki rasa yang manis. Selain itu buah banyak digemari karena sangat bermanfaat bagi tubuh. Ia merupakan sumber serat, vitamin, serta mineral yang baik untuk kesehatan. Namun ternyata pada setiap kandungan buah memiliki manfaat gizi dan manfaat yang berbeda-beda. Lantas aoa saja buah buahan yang paling sehat, berikut ulasannya.

1. Buah apel bermanfaat untuk menurunkan berat badan

Buah apel mengandung serat dalam jumlah yang banyak, sehingga dapat membuat perut kita merasa kenyang lebih lama. Tak hanya serat saja, apel juga termasuk buah yang rendah kalori. Maka tak heran jika apel menjadi buah yang sering dikonsumsi bagi orang yang sedang dalam program diet.

Selain itu, dalam beberapa studi menyatakan, jika buah apel juga mampu membantu turunkan tekanan darah tinggi dan mengendalikan kadar kolesterol tetap normal. Bahkan apel juga memiliki kandungan flavonoid yang dapat mencegah penyakit demensia yang kerap kali menyerang para lanjut usia.

2. Buah nanas bermanfaat untuk mencegah peradangan

Jika apel identik dengan rasa yang manis, lain halnya dengan nanas. Buah ini memiliki percampuran rasa asam dan manis. Dibalik kombinasi rasanya yang sangat menyegarkan ini, ternyata menyimpan manfaat besar.

Nanas mengandung zat antiradang yang cukup tinggi dan bisa membuat tubuh menjadi lebih kebal terhadap penyakit peradangan akibat infeksi. Bahkan di dalam buah nanas juga mengandung zat enzim yang bisa menghindarkan tubuh dari risiko penyakit jantung.

3. Buah mangga bermanfaat untuk mendorong sistem kekebalan tubuh

Buah musiman ini banyak dicari banyak orang. Pasalnya rasa dari manga sangat manis dan lembut di mulut. Selain rasanya yang enak, buah ini memiliki kandungan beta-karoten dan vitamin C yang cukup tinggi. Zat ini akan diubah menjadi vitamin A yang bermanfaat untuk mendorong sistem kekebalan tubuh dan menjaga kesehatan tulang.

4. Buah jambu biji bermanfaat untuk menaikkan trombosit

Sudah bukan rahasia lagi jika buah jambu biji, menjadi buah buahan yang diunggulkan ketika seseorang menderita demam berdarah. Pasalnya di dalam buah ini mengandung zat yang bisa merangsang produksi trombosit dalam darah. Dalam beberapa penelitian ternyata sudah membuktikan hal ini. Ditambah lagi dengan kandungan vitamin C dari jambu biji juga terbilang sangat tinggi, yaitu sekitar 90 mg per 100 gram sehingga membuat proses penyembuhan menjadi lebih cepat.

5. Buah delima bermanfaat untuk mencegah radikal bebas

Siapa bilang kandungan antioksidan hanya dimiliki oleh teh hijau. Hal ini terbukti dengan hadirnya buah delima. Buah warna merah ini juga kaya akan antioksidan. Bahkan jumlah lebih tinggi dari teh hijau.

Baca Juga: Jenis Buah Buahan yang Paling Bermanfaat Sesuai Kebutuhan Manusia
Lima Buah Berwarna Merah Ini Punya Segudang Manfaat

Seperti yang diketahui zat antioksidan sangat baik karena mampu berperan mencegah paparan radikal bebas di dalam tubuh. Radikal bebas ini sangat tidak baik karena bisa merusak sel-sel dalam tubuh seperti sel kulit dan parahnya lagi bisa meningkatkan pertumbuhan sel-sel kanker.

6. Buah pisang bermanfaat untuk mengenyangkan perut.

Ketika kamu lapar, dan tidak sempat untuk makan berat, kamu bisa mengandalkan buah pisang. Buah ini dikenal sebagai salah satu sumber karbohidrat, sehingga bisa mengenyangkan perut. Selain itu, pisang juga kaya akan serat sehingga dapat membuat kamu merasa kenyang lebih lama, serta memiliki mineral kalium yang baik untuk kesehatan jantung.

Video Terkait