Intip Harga Minyak Zaitun dan Juga Manfaat yang Terkandung di Dalamnya

Ilustrasi minyak zaitun (Pixabay)

Editor: Tanti Malasari - Selasa, 15 Maret 2022 | 15:00 WIB

Sariagri - Minyak zaitun merupakan minyak alami yang kaya akan antioksidan. Di dalam minyak ini terdapat lemak utama, yaitu asam lemak tak jenuh tunggal, yang dianggap sebagai lemak menyehatkan. Antioksidan dalam minyak zaitun dapat membantu melindungi tubuh dari kerusakan sel akibat radikal bebas, yang dapat menyebabkan berbagai kondisi kesehatan dan penyakit. Hal inilah yang membuat harga minyak zaitun cenderung lebih mahal dibandingkan dengan minyak lainnya.

Harga yang mahal inilah, yang membuat tidak banyak orang mampu untuk membelinya. Padahal sebenarnya minyak ini terbukti lebih bagus dibandingkan minyak sawit. 

Alasan harga minyak zaitun mahal

Lantas apa yang menyebabkan minyak zaitun menjadi mahal? Berdasarkan dari informasi yang telah dirangkum dari berbagai sumber, minyak ini diekstrak dari buah zaitun, yaitu buah dari pohon zaitun. Pembuatan minyak zaitun juga hanya melalui pencucian, dekantasi, sentrifugasi, dan penyaringan.

Minyak ini mengandung asam lemak dan antioksidan yang baik untuk mencegah berbagai penyakit seperti kardiovaskular, kelainan saraf hingga kanker paru-paru dan usus. Dalam 100 ml minyak zaitun terkandung total 884 kalori (44 persen AKG harian) dan total lemak 100 gram, yang dapat mencukupi 153 persen kebutuhan lemak harian tubuh. Sebagian besar kandungan lemak ini merupakan asam lemak tak jenuh tunggal.

Minyak zaitun juga diperkaya oleh omega-3 dan omega-6, 15 mg vitamin E yang mencukupi 72 persen kebutuhan harian tubuh, serta 61 mg vitamin K yang mampu mencukupi 75 persen kebutuhan harian tubuh.

Selain itu faktor lain yang membuat minyak zaitun mahal karena merupakan barang impor. Hal ini dikarenakan buah zaitun belum bisa tumbuh di negara Indonesia, karena perbedaan iklim. Sebagai informasi, buah zaitun hanya dapat tumbuh di wilayah yang beriklim subtropis.

Berapa harga minyak zaitun yang dijual di pasaran?

Pada dasarnya harga minyak zaitun di indomaret dengan harga minyak zaitun di apotik, tidak jauh berbeda. Umumnya variasi harga ini berdasarkan dari merk dan juga ukuran. Ada banyak merk yang dijual di minimarket seperti indomaret, seperti misalnya minyak zaitun mustika ratu dan minyak zaitun herborist. Untuk harga minyak zaitun mustika ratu 75 ml biasanya dijual dengan harga 30 ribu rupiah. Sementara harga minyak zaitun herborist dijual dengan kisaran 20 ribu rupiah. Selain kedua merk tersebut, ada juga merk lain yang banyak dijual dengan berbagai ukuran, yang bisa kamu pilih sesuai dengan kebutuhan.

Manfaat minyak zaitun bagi kesehatan tubuh

Selain itu minyak zaitun juga dikenal memiliki banyak manfaatnya, diantaranya adalah:

1. Mengurangi Risiko Penyakit Kardiovaskular

Salah satu penyebab kematian paling umum di dunia, adalah penyakit jantung. Untuk mencegahnya, kamu bisa menggunakan minyak zaitun menjadi salah satu bahan utama dalam pola makan. Minyak ini dinilai dapat, melindungi diri terhadap penyakit jantung dengan melindungi kolesterol LDL dari oksidasi, memperbaiki lapisan pembuluh darah, dan membantu mencegah pembekuan darah berlebihan.

2. Mengurangi Risiko Depresi

Siapa yang menyangka ternyata minyak zaitun dapat menurunkan risiko depresi. Minyak ini dipercaya dapat membantu melindungi sistem saraf dari kerusakan yang dapat dihasilkan dari lemak trans pada jenis minyak yang lain atau makanan tidak sehat seperti makanan siap saji dan lainnya.

3. Menurunkan Risiko Kanker Payudara

Antioksidan yang dimiliki minyak zaitun dinilai dapat membantu melindungi tubuh dari peradangan, kerusakan oksidatif, dan perubahan epigenetik. Selain itu, minyak ini juga mengandung asam oleat yang tahan terhadap oksidasi dan mampu memperlambat pertumbuhan dan penyebaran sel kanker.

Baca Juga: Intip Harga Minyak Zaitun dan Juga Manfaat yang Terkandung di Dalamnya
Kenali dengan Teliti Perbedaan Buah Zaitun Hijau dan Hitam

4. Mencegah Penyakit Alzheimer

Penyakit Alzheimer bisa dicirikan dengan adanya penumpukan protein beta-amiloid di neuron tertentu dalam otak. Oleh karena itu dengan mengonsumsi minyak ini dipercaya dapat menjaga fungsi otak dengan mencegah penumpukan protein dalam otak sehingga bisa mencegah penyakit alzheimer.

5. Membantu Mencegah Stroke

Berdasarkan data dari World Health Organization (WHO), stroke adalah penyebab kematian paling umum kedua di negara maju, setelah penyakit jantung. Stroke disebabkan oleh gangguan aliran darah ke otak, akibat bekuan darah atau pendarahan. Dengan mengonsumsi minyak zaitun maka terbukti dapat menurunkan risiko stroke dan penyakit jantung.