5 Manfaat Minyak Bunga Calendula untuk Kesehatan Kulit

Bunga Calendula. (Foto: Unsplash)

Editor: Putri - Minggu, 20 Maret 2022 | 17:00 WIB

Sariagri - Minyak calendula adalah minyak alami yang diekstrak dari bunga Calendula atau marigold. Minyak ini sering digunakan sebagai pengobatan alternatif.

Berbagai manfaat terdapat pada minyak calendula seperti antijamur, antiinflamasi, dan antibakteri. Sifat-sifat tersebut berguna dalam menyembuhkan luka, meredakan eksim, dan menghilangkan ruam.

Mengutip Healthline, berikut manfaat minyak calendula untuk kulit.

1. Sebagai Tabir Surya

Minyak calendula mungkin bisa menjadi pilihan untuk melindungi kulit dari sengatan matahari. Sebuah studi laboratorium pada 2012 menemukan bahwa minyak calendula memiliki sifat SPF.

2. Mengobati Luka

Minyak calendula dapat mempercepat penyembuhan luka. Penelitian pada 2013 menunjukkan bahwa menggunakan salep lidah buaya atau calendula bersamaan dengan perawatan standar mempercepat waktu pemulihan episiotomi.

Dalam studi tersebut, wanita yang menggunakan salep lidah buaya atau calendula setiap delapan jam selama lima hari menunjukkan perbaikan gejala. Menambahkan salep lidah buaya atau calendula ternyata lebih efektif daripada menggunakan perawatan standar saja.

3. Mengobati Jerawat

Beberapa orang menggunakan minyak calendula untuk mengobati jerawat. Satu penelitian laboratorium menemukan bahwa ekstrak calendula mungkin berguna dalam mengobati dan mencegah jerawat vulgaris.

Kamu bisa mencoba mencuci muka menggunakan pembersih wajah yang mengandung calendula. Kamu juga bisa mengoleskan minyak calendula di area wajah yang rawan jerawat.

4. Meredakan Eksim

Meskipun tidak ada penelitian yang mendukungnya, beberapa orang menggunakan minyak calendula untuk meredakan eksim. Namun, satu penelitian menemukan minyak calendula dapat membantu meringankan rasa sakit akibat dermatitis pada orang yang menerima radiasi untuk pengobatan kanker payudara.

5. Mengobati Ruam Popok

Minyak calendula dapat membantu meredakan ruam popok. Sebuah penelitian kecil pada 2012 menemukan bahwa krim lidah buaya efektif dalam mengobati ruam popok. Namun salep calendula secara signifikan lebih bermanfaat.

Untuk meredakan ruam popok, kamu bisa mencoba mengoleskan sedikit minyak calendula sendiri atau dicampur dengan lidah buaya pada area yang terkena beberapa kali sehari.

Baca Juga: 5 Manfaat Minyak Bunga Calendula untuk Kesehatan Kulit
'Ratu Benih' Palestina Bawa Labu Yakteen ke Tanah Pertanian Amerika

Apakah ada risiko?

Calendula umumnya aman digunakan, tetapi ada beberapa pertimbangan yang perlu diingat. Hindari calendula jika kamu alergi terhadap tanaman dalam keluarga Asteraceae/Compositae.

Jangan gunakan calendula jika sedang hamil atau menyusui. Hal tersebut dikarenakan saat ini masih sedikit penelitiannya apakah minyak candula aman untuk ibu hamil dan menyusui.

Video Terkait