Jangan Disingkirkan, Berikut 5 Manfaat Daun Bawang

Daun Bawang. (Foto: Unsplash)

Editor: Putri - Minggu, 20 Maret 2022 | 18:00 WIB

Sariagri - Kaya akan antioksidan, daun bawang memiliki banyak manfaat untuk tubuh. Sayangnya masih banyak orang yang menganggap daun bawang sebagai tambahan untuk makanan, bahkan dibuang kalau tidak suka.

Secangkir daun bawang yang dipotong memiliki sekitar 10 serat yang dibutuhkan sepanjang hari. Mendapatkan banyak serat membantu kamu merasa kenyang, menjaga kadar kolesterol, dan menurunkan risiko diabetes, penyakit jantung, serta kondisi parah lainnya.

Mengutip berbagai sumber, berikut manfaat daun bawang.

1. Rendah Kalori

Daun bawang mudah dimasak karena memberikan rasa gurih yang kuat tanpa kalori. Secangkir daun bawang hanya memiliki 19 kalori atau kurang dari 1 persen dari batas kalori harian.

Seperti yang disebutkan sebelumnya, daun bawang juga memberikan efek kenyang. Hal tersebut baik untuk kamu yang tengah menjalankan diet.

2. Kaya Akan Vitamin A

Dalam hal nutrisi, daun bawang mengandung vitamin A. Satu sendok makan daun bawang yang dipotong-potong memasok hingga 10 persen kebutuhan vitamin A tubuh manusia.

Tubuh manusia menggunakan vitamin A untuk kesehatan mata. Selain itu vitamin A juga berguna untuk membuat sel darah baru, termasuk sel darah putih yang diperlukan untuk kekebalan tubuh.

3. Kaya Akan Vitamin K

Daun bawang juga mengandung vitamin K dalam jumlah yang banyak. Jika kamu terluka atau goresan, vitamin K bertanggung jawab untuk pembekuan darah. Jadi vitamin K membantu menghentikan pendarahan setelah luka.

Vitamin K juga penting untuk kesehatan tulang dan berperan dalam pertumbuhan tulang rawan. Secangkir daun bawang cincang memiliki 111 mikrogram vitamin K, yaitu sekitar 90 persen dari kebutuhan harian untuk pria dan kebutuhan harian penuh untuk wanita.

4. Melindungi Tubuh dari Penyakit Kronis

Daun bawang memiliki fitonutrien, antioksidan yang mempertahankan sel dari kerusakan. Antioksidan dalam bawang seperti flavonoid dan polifenol memburu radikal bebas, zat yang dapat menyebabkan kanker dan penyakit terkait usia.

Baca Juga: Jangan Disingkirkan, Berikut 5 Manfaat Daun Bawang
Jaga Kesehatan Ginjal dengan Rutin Mengonsumsi 5 Sayuran Ini

5. Sebagai Anti Kanker

Manfaat selanjutnya, daun bawang dan sayuran allium lainnya dapat menghambat pertumbuhan kanker, terutama di perut. Peneliti masih tidak yakin bagaimana caranya.

Namun mereka yakin bahwa senyawa yang disebut allicin atau senyawa membuat napasmu bau bawang, dapat mencegah sel berubah menjadi kanker atau memperlambat penyebaran tumor.

Video Terkait