Mengenal Ketapang Kencana, Pohon Rindang Penyejuk Halaman Rumah

Ilustrasi pohon ketapang. (Pixabay)

Editor: Putri - Selasa, 22 Maret 2022 | 17:45 WIB

Sariagri - Ketapang kencana merupakan tanaman yang kerap dijumpai di halaman-halaman rumah. Pohonnya rindang, kerap disebut pohon peneduh.

Tanaman ini berasal dari Madagaskar. Rupanya ramping dan memiliki ranting yang membentang.

Karena bentuknya membentang dan bertingkat, berada di bawahnya saat siang bolong begitu meneduhkan. Pohon ini dapat tumbuh hingga 10-20 meter.

Tanaman ini memiliki daun-daun kecil yang tumbuh subur bergerombol membentuk payung sehingga bisa melindungi tanaman yang ada di bawahnya.

Daunnya berwarna hijau terang ketika berumur muda dan terus terlihat hijau meskipun terjadi pergantian musim. Selain itu, pohon ini juga memiliki bunga berwarna kehijauan dan buah kecil berukuran sekitar 1,5 cm.

Penempatannya mudah ditemui di halaman rumah untuk memberikan nuansa teduh dan asri. Namun, karena bentuk rantingnya yang melebar cukup memakan tempat, penempatan pohon ketapang kencana di hunian biasanya tidak banyak.

Tumbuh Cepat dan Perawatan yang Mudah

Tanaman ini cukup cepat tumbuh. Dari bibit setinggi 1 meter hingga mencapai tinggi 4-5 meter, kira-kira hanya memerlukan waktu 2-3 tahun. Waktu ini sangat cepat jika ingin segera mengurangi hawa panas di daerah rumah.

Selain itu, pohon ketapang kencana tidak sulit dirawat. Selama air hujan menyiraminya, maka tanaman ini akan tumbuh dengan subur.

Bahkan di tanah yang sebelumnya dipadatkan dengan puing-puing bangunan, tanaman ini kan terus tumbuh.

Hal ini dikarenakan tanaman ini merupakan tanaman tepi pantai. Oleh sebab itu tanaman ini dapat hidup di mana tanah hanya memiliki kandungan unsur hara yang sedikit, seperti pasir pantai.

Penyiramannya hanya satu kali dalam sehari setiap pagi. Namun, jika ukurannya sudah mencapai dua meter, penyiraman bisa dilakukan hanya dua hari sekali pagi dan sore. Selain disiram, pohon ini juga membutuhkan pupuk satu bulan dua kali.

Manfaat Pohon Ketapang Kencana

Banyak alasan mengapa pohon ketapang harus ditanam di pekarangan rumah. Terdapat manfaat dari tanaman ini yang bisa dirasakan, mulai dari daun hingga batangnya.

Mengutip litbang.pertanian.go.id, daun dan kulit tanaman ini kerap digunakan sebagai bahan untuk membuat pewarna hitam dan tinta.

Para penggemar ikan hias menggunakan daun pohon ketapang kencana untuk menetralkan pH dari air. Hal tersebut bertujuan untuk membuat kondisi lebih ideal bagi ikan khususnya ikan cupang.

Sementara pada batangnya, kayu pohon ketapang kencana memiliki warna merah bata hingga coklat pucat. Teksturnya yang keras bisa digunakan sebagai material lantai kayu dalam pembangunan rumah.

Biji dari tanaman ini juga bisa dimanfaatkan. Bijinya dapat dikonsumsi sebagai pengganti kenari dan almond. Terdapat khasiat untuk menstabilkan gula darah, mencegah oksidasi berbahaya, dan menurunkan tekanan darah.

Bentuknya yang indah dengan segudang manfaat membuat tanaman ini populer di masyarakat. Tajuknya yang lebar dan rindang dapat meneduhkan halaman rumah.

Meski demikian, terdapat catatan jika ingin menanam pohon ketapang kencana di pekarangan rumah. Tanaman ini memiliki sifat menggugurkan daun.

Dengan demikian, perlu alokasi waktu khusus untuk membersihkan daun yang berguguran. Apalagi daun pohon ketapang berukuran cukup besar.

Kelemahan

Jika sudah dewasa, tanaman ini bisa mencapai ketinggian 40 meter. Kalau di dalam kawasan perumahan ketinggian tersebut mungkin jarang tercapai. Namun tetap saja, bisa saja mengganggu kabel telepon atau listrik.

Baca Juga: Mengenal Ketapang Kencana, Pohon Rindang Penyejuk Halaman Rumah
Kenali Pohon Trembesi, Tanaman Peneduh dan Penyerap Karbondioksida

Selain itu, akar tanaman ini dapat merusak. Semakin tua dan besar batang pohonnya, akarnya semakin besar. Bahkan ada yang bisa mencapai 3 meter besarnya. Akar sebesar ini akan merusak dinding terdekat atau bahkan jalanan.

Oleh karena itu, tanaman ini juga tidak disarankan ditanam di sebuah taman kecil yang memiliki banyak tembok atau saluran air. Hal tersebut dikarenakan akan menjebol tembok dan menutupi selokan.

Video Terkait