Benarkah Makan Rambutan Bikin Batuk? Simak Penjelasannya

Ilustrasi rambutan. (Pixabay)

Penulis: Gloria, Editor: Putri - Kamis, 24 Maret 2022 | 19:55 WIB

Sariagri - Rambutan sering disebut sebagai buah penyebab batuk. Padahal menikmati rambutan yang dipanen langsung dari pohonnya akan menyenangkan.

Melansir situs resmi Kementerian Komunikasi dan Informatika, berdasarkan keterangan yang diberikan oleh pakar kesehatan Fiona Amelia, rambutan menyebabkan batuk hanyalah mitos.

Dokter dari Fakultas Kedokteran UI ini menyebutkan hingga kini belum ada penelitian atau jurnal yang membuktikan rambutan menyebabkan batuk.

Ditambahkan juga oleh dokter Resthie Rachmanta, kandungan dalam rambutan tidak menyebabkan batuk. Namun dia menyarankan jika seseorang sedang mengalami batuk sebaiknya hindari dulu makan rambutan karena dapat memicu produksi lendir yang lebih banyak.

Selain itu, mengonsumsi rambutan saat batuk bisa dengan meminum air hangat setelahnya. Tujuannya, untuk mengurangi rasa tidak nyaman di tenggorokan.

Melansir sejumlah sumber, rambutan memiliki manfaat yang baik untuk tubuh. Dalam 100 gram rambutan, mengandung 77 kkal, kalsium 16 mg, fosfor 16 mg, besi 0,5 mg dan vitamin C 58 mg.

Adapun manfaat rambutan untuk tubuh adalah menghidrasi kulit dan menjadikan kulit lebih lembut. Selain itu buah ini juga dapat mencegah anemia karena kandungan zat besi yang dikandungnya. Serat yang ada pada buah ini juga dapar menjaga kesehatan jantung. 

Baca Juga: Benarkah Makan Rambutan Bikin Batuk? Simak Penjelasannya
Wajib Diperhatikan Nih! Usai Vaksin COVID-19, Ini Makanan dan Minuman yang Baik untuk Dikonsumsi

Selain itu, manfaat rambutan juga mencakup menjaga kesehatan tulang karena mengandung fosfor dan sebagai antikanker karena mengandung flavonoid.

Tidak hanya itu, manfaat rambutan juga dapat dinikmati oleh ibu hamil. Meski demikian, jangan memakan rambutan yang terlalu matang karena terdapat kandungan alkohol di dalamnya. Selain itu juga terdapat kadar gula yang berlebih.

Video Terkait