Ingin Berhemat? Yuk Tanam Lengkuas di Pekarangan Rumah

Ilustrasi lengkuas. (Pixabay)

Penulis: Gloria, Editor: M Kautsar - Kamis, 24 Maret 2022 | 11:30 WIB

Sariagri - Lengkuas merupakan salah satu bumbu dapur yang memiliki banyak manfaat. Biasanya rempah yang satu ini sering dijadikan untuk bumbu ayam goreng lengkuas.

Memiliki lengkuas di pekarangan rumah tentu menyenangkan. Salah satunya dapat membuat ibu rumah tangga berhemat untuk belanja bumbu dapur ke pasar.

Tidak hanya bumbu masak, lengkuas juga memiliki beragam manfaat kesehatan seperti membantu mengurangi peradangan, meningkatkan kesuburan pria, menambah nafsu makan, mengobati panu dan mencegah kanker.

Lengkuas mengandung zat besi, fosfor, vitamin C dan zinc. Selain itu, lengkuas juga mengandung kalium dan mangan. Kemudian lengkuas mengandung zat-zat bermanfaat lainnya seperti betakaroten, polifenol, niasin hingga quercetin.

Menanam lengkuas di pekarangan rumah tentu akan menguntungkan. Saat lengkuas panen, kita hanya perlu memetiknya dan mengolahnya menjadi bumbu masakan dan ramuan herbal. Mudah dan hemat bukan?

Melansir sejumlah sumber, untuk menanam lengkuas di pekarangan rumah dibutuhkan suhu udara sekitar 25 derajat Celcius dan mendapatkan cukup paparan sinar matahari. Selain itu, daerah dengan kelembaban udara sedang cukup bagus untuk lengkuas.

Lahan pekarangan setidaknya telah diolah dalam waktu dua minggu sebelum penanaman supaya terbebas dari senyawa beracun. Pengolahan bisa dilakukan dengan dibajak, dicangkul atau diberikan pupuk. Bibit berkualitas sebaiknya diambil langsung dari kebun.

Kemudian, buatlah lubang di tanah dengan kedalaman 10-15 sentimeter, lalu maskkan bibit dengan posisi mata tunas mengarah ke atas. Tutuplah dengan tanah dan berikan sedikit celah supaya tunas bisa menyembul ke atas.

Lakukan penyiraman secara rutin supaya kelembaban tanah terjaga. Berikan pupuk secara berkala pada bulan ke 2, 4, dan 8.

Saat memasuki minggu ke-2 dan ke-4 lakukan penyiangan dengan mencabut gulma atau rumput liar dari tanaman tersebut. Masa panen lengkuas umumnya di usia 10-12 bulan.

Selain di pekarangan, lengkuas juga bisa ditanam di pot. Awalnya,semai bibit lengkuas pada nampan plastik, tutup dengan arang sekam dan karung goni selama dua hingga empat minggu.

Kemudian isilah pot dengan tanah yang dicampur pupuk kandang dan sekam hingga terisi 3/4 bagian. Diamkan selama satu mingu dan biarkan terkena sinar matahari.

Baca Juga: Ingin Berhemat? Yuk Tanam Lengkuas di Pekarangan Rumah
Apa Benar Kemiri Bisa Hilangkan Uban di Rambut?

Ketika sudah terdapat mata tunas pada bibit, pindahkan ke dalam pot dengan kedalaman 10-15 cm. Tanam dengan mata tunas mengarah ke atas lalu tutup dengan tanah. Siram secukupnya supaya kelembaban tanah terjaga.

Setelah itu, letakkan pot di tempat yang mendapat cukup sinar matahari. Siramlah secara rutin dan tunggulah hingga panen pada 10-11 bulan tanam.

Video Terkait