Yuk Manfaatkan Karton Bekas Susu jadi Pot Tanaman di Rumah

Ilustrasi pot karton susu. (Pixabay)

Penulis: Gloria, Editor: M Kautsar - Kamis, 24 Maret 2022 | 18:00 WIB

Sariagri - Mendaur ulang sampah non organik termasuk salah satu langkah untuk mengurangi jumlah sampah dan menjaga lingkungan.

Melansir Gardening Know How, salah satu sampah non organik yang bisa dimanfaatkan adalah karton susu. Sampah ini bisa didaur ulang sebagai pot tanama. Selain dapat berhemat, daur ulang ini bisa menjadi salah satu langkah menjaga lingkungan.

DIY karton susu ini juga dapat menjadi cara terbaik untuk memperkenalkan anak-anak pada berkebun dan konsep mengurangi, menggunakan kembali, dan mendaur ulang.

Cara Membuat
Wadah tanaman ini dapat dibuat dari karton susu ukuran apapun. Ukuran besar dapat menyediakan ruang akar yang cukup untuk tanaman herbal dalam karton susu. Cara membuatnya bisa dilakukan dengan tiga cara berbeda,

Cara pertama, bagian atas atau lipatan karton susu bisa dipotong dan dibuang. Ini membuat penanam tinggi dan tipis. Namun cara ini masih mengirimkan sampah karton susu ke tempat pembuangan.

Cara kedua, karton susu dapat dipotong menjadi dua. Tanaman herbal bisa ditanam di bagian atas yang sudah dipotong. Sedangkan bagian bawah karton bisa digunakan sebagai baki untuk tetesan air supaya tidak kotor.

Cara ketiga, karton susu dapat dipotong satu sisi untuk menanam secara memanjang. Cara ini memberikan ruang tumbuh paling banyak per karton susu.

Sebelum melakukan penanaman, jangan lupa untuk membuat lubang drainese di bagian bawah wadah. Selain itu, cucilah karton susu terlebih dahulu dan biarkan mengering selama 24 jam sebelum didekorasi.

Baca Juga: Yuk Manfaatkan Karton Bekas Susu jadi Pot Tanaman di Rumah
Tips Menanam Kaktus Pinchusion di Rumah

Adapun proses mendekorasi karton susu supaya terlihat menarik dapat menggunakan cat untuk melapisi bagian luar karton susu, kertas perekat untuk menghiasi sisi tanaman. Selain itu, karton susu juga bisa dibentuk layaknya bentuk wajah hewan seperti menambahkan bentuk telinga.

Pita, benang dan kancing juga bisa menjadi penghias karton susu.

Setelah didekorasi, jangan lupa untuk menanami karton susu tersebut dengan tanaman herbal dan gunakan tanah yang berkualitas. Siram secara teratur dan letakkan di tempat yang cukup cahaya.

Video Terkait