Selada Transgenik Solusi Astronot Hindari Pengeroposan Tulang

Ilustrasi selada. (Foto: Unsplash)

Editor: Putri - Sabtu, 26 Maret 2022 | 13:00 WIB

Sariagri - Menurut garis waktu NASA, 2030 mungkin waktunya manusia bisa melangkahkan kaki mereka di Mars. Sementara perkiraan terbaru Elon Musk jatuh satu tahun sebelumnya, yaitu pada 2029.

Terlepas dari kapan itu terjadi, kita tahu satu hal yang pasti: astronot yang menuju Mars akan memiliki perjalanan panjang. Para astronot mengalami gayaberat mikro selama berbulan-bulan.

Kondisi tersebut memberikan risiko pengeroposan tulang. Tapi mungkin ada solusi yang enak, renyah dan sehat untuk menghindari itu semua.

Pada pertemuan musim semi American Chemical Society, para ilmuwan mempresentasikan blueprint untuk selada transgenik. Sayuran ini mirip dengan selada yang kita kenal, tetapi direkayasa secara genetik untuk mencegah pengeroposan tulang. Selain itu, selada ini dirancang bisa tumbuh di luar angkasa.

"Ini adalah cara yang sangat sederhana dan hemat biaya untuk menciptakan pengobatan," kata Karen McDonald, ahli kimia di University of California.

Di Bumi, tubuh manusia dapat menjaga keseimbangan antara memecah mineral di tulang dan memperbaiki berbagai hal untuk memastikan tubuh selalu mendapatkan nutrisi yang dibutuhkan.

Namun, dalam gayaberat mikro, keseimbangan itu hilang. Kerusakan tulang akan terjadi, tetapi tidak dapat terjadi perbaikan. Hal tersebut menyebabkan hilangnya kepadatan tulang secara keseluruhan.

Untuk mengatasi pengeroposan tulang seperti itu di luar angkasa, astronot sering berolahraga di pesawat ruang angkasa. Stasiun Luar Angkasa Internasional, misalnya, memiliki sepeda, treadmill, dan alat angkat beban khusus.

Namun dalam studi baru, para peneliti mencatat bahwa belum ada cukup bukti untuk mendukung bahwa olahraga cukup untuk mencegah pengurangan kepadatan tulang.

Penjelajah ruang angkasa juga membawa jarum suntik dengan obat-obatan yang mengandung hormon paratiroid manusia atau PTH.

Baca Juga: Selada Transgenik Solusi Astronot Hindari Pengeroposan Tulang
Yuk Keringkan Sayuran Mulai Sekarang! Banyak Lho Manfaatnya

Pada dasarnya, PTH membantu merangsang pembentukan tulang. Tetapi cara ini memiliki kekurangan, yaitu para penjelajah ruang angkasa harus menyuntikkannya setiap hari.

Selada transgenik direkayasa secara sintetis untuk memiliki gen yang berkorelasi dengan sedikit variasi PTH.

Dengan selada transgenik ini diharapkan akan mempermudah hidup para astronot. Seorang astronot nantinya hanya perlu makan sekitar delapan cangkir selada setiap hari untuk memenuhi keperluan PTH yang tepat.

Video Terkait