Dear Pemula, Begini Cara Mudah Budidaya Rumput Gajah di Pekarangan Rumah

Ilustrasi rumput gajah (Wikimedia Commons)

Editor: Tanti Malasari - Minggu, 27 Maret 2022 | 09:00 WIB

Sariagri - Memiliki pekarangan yang cantik tentu menjadi dambaan banyak penghuni rumah. Selain menambah nilai estetik, banyaknya tanaman juga bisa membuat udara di sekitar menjadi lebih segar.

Selain tanaman gantung, ada juga tanaman lain yang bisa mempercantik halaman rumah, salah satunya dengan menanam rumput gajah. Bagaimana cara menanamnya? Berikut ulasan lengkap yang harus kamu ketahui.

Cara mudah menanam rumput gajah

1. Siapkan Lahan Kosong

Penanaman rumput ini tentunya memerlukan lahan. Oleh karena itu hal pertama yang harus dilakukan untuk menanam rumput gajah adalah menyiapkan lahan kosong. Pilih lahan yang memiliki tanah yang gembur, subur dan bebas dari bekas tanaman, semak belukar, hingga alang-alang.

2. Siapkan peralatan berkebun

Selanjutnya adalah menyiapkan peralatan untuk berkebun. Beberapa peralatan yang dibutuhkan antara lain adalah garpu taman, sekop, selang taman, gunting taman, pupuk kompos. Jangan lupa juga siapkan sarung tangan supaya tangan tidak kotor saat proses penanaman.

3. Penanaman Bibit

Masuk ke proses penanaman bibit. Penanaman bibit ini dapat dilakukan dengan metode biji maupun secara vegetatif. Untuk mengembangbiakkannya kamu bisa menggunakan metode biji, stek, dan sobekan rumpun. Namun penanaman bibit menggunakan stek dan sobekan rumpun cenderung lebih mudah dikerjakan serta tanaman akan lebih cepat tumbuh besar daripada metode biji. Lalu tanam bibit rumput gajah ini dengan posisi miring 30 derajat dan jarak penanaman 30 x 30 cm.

4. Pemupukan Susulan

Proses pemupukan susulan ini bisa kamu lakukan ketika rumput gajah telah berusia dua hingga tiga minggu. Kamu bisa menggunakan pupuk urea dan KCI dengan dosis sesuai anjuran. Selanjutnya pemberian pupuk dilakukan saat tanaman berusia dua hingga tiga minggu dihitung dari waktu panen.

Baca Juga: Dear Pemula, Begini Cara Mudah Budidaya Rumput Gajah di Pekarangan Rumah
Meski Tumbuh Liar, 5 Rumput Ini Punya Khasiat Besar

5. Pemeliharaan Tanaman

Pada dasarnya rumput gajah tidak memerlukan perawatan khusus. Namun untuk pemeliharaan secara berkala, kamu bisa memeliharanya dengan menyulam serta menyiangi tanaman agar tumbuh sesuai dengan jalur tanamnya. Rumput gajah yang dipelihara dengan baik dan benar, maka akan tumbuh dan berproduksi sangat maksimal.

6. Proses Panen

Pada umumnya, proses panen rumput gajah yaitu saat berusia 40 hari atau sebelum tumbuhnya bunga. Proses panen ini dapat dilakukan dengan memotong ruas batang terbawah rumput gajah hingga menyisakan hanya setinggi 5-10 cm.

Video Terkait