5 Sayuran yang Bermanfaat Tingkatkan Kualitas Tidur

Ilustrasi wortel. (Foto: Pixabay)

Editor: Putri - Sabtu, 26 Maret 2022 | 17:30 WIB

Sariagri - Mungkin sulit untuk makan enak saat kamu kurang tidur. Kamu hanya ingin meringkuk di kasur dan berharap untuk tidur seharian. Pastinya keadaan ini tidak baik dan tidak sehat. 

Penting untuk makan makanan sehat karena ada begitu banyak sayuran dengan bahan-bahan yang penting agar memiliki tidur yang nyenyak. Mengutip berbagai sumber, berikut adalah beberapa sayur yang membantumu meningkatkan kualitas tidur.


1. Edamame

Kacang edamame adalah pilihan yang baik karena membantu mengatur gula darah. Terkadang, ketika kadar glukosa terlalu rendah atau tinggi, hal itu dapat menyebabkan gangguan tidur seperti keringat malam atau mimpi buruk.

Camilan renyah ini kaya akan magnesium, nutrisi yang terbukti meningkatkan kualitas dan durasi tidur bagi penderita insomnia. Belum lagi, edamame mengandung sejumlah besar protein dan serat untuk membuatmu kenyang sepanjang malam.

2. Sayuran Berdaun dan Berwarna Gelap

Sayuran seperti bayam, lobak, dan kangkung, semuanya mengandung mineral yang membantu meningkatkan kualitas. Kalium dalam makanan juga penting untuk melawan kram otot.

Otak manusia menggunakan potasium untuk membantu menghentikan dan memulai kontraksi otot. Jadi ketika tingkat ini rendah, tubuh tidak menyampaikan pesan-pesan ini secara efektif.

Hal ini dapat menyebabkan kejang atau kram yang menyakitkan sehingga mengganggu istirahat malam. Tentu keadaan ini tidak hanya bisa tidak nyaman, tetapi juga bisa membuat kamu sulit untuk kembali tidur.

3. Wortel

Wortel memiliki alfa-karoten, nutrisi yang terbukti meningkatkan durasi tidur secara keseluruhan saat dikonsumsi dalam jumlah tinggi. Diet yang kekurangan nutrisi ini telah dikaitkan dengan gangguan tidur seperti insomnia.

Untungnya, wortel adalah salah satu sumber alfa-karton terbaik. Selain itu wortel mengandung kalsium yang berguna untuk memberikan istirahat lebih baik. Mengonsumsi lebih banyak kalsium dapat membantu otak memproduksi zat melatonin yang memicu tidur.

4. Ubi Jalar

Ubi jalar adalah karbohidrat yang mudah dicerna dan dapat membantu mencegah gangguan pencernaan mengganggu tidurmu. Selain itu, ubi jalar mengandung potasium yang berguna untuk relaksasi otot dan menjaga tubuh dari kram sepanjang malam.

Makan makanan tinggi kalium juga terbukti meningkatkan tidur nyenyak. Tidur nyenyak sangat penting untuk memberi energi kembali pada tubuh dan meningkatkan daya ingat.

Baca Juga: 5 Sayuran yang Bermanfaat Tingkatkan Kualitas Tidur
Tujuh Sayuran Ini Punya Banyak Manfaat Jika Direbus

Karena itu, jika kamu diet kekurangan potasium, kamu mungkin tidak memiliki malam-malam dengan tidur yang nyenyak.

5. Jamur

Jamur sering dipuji karena kandungan vitamin D-nya yang tinggi. Penelitian telah mengaitkan kekurangan vitamin D dengan sejumlah masalah tidur, termasuk durasi tidur, insomnia, dan kualitas tidur yang buruk.

Makanlah setidaknya secangkir jamur setiap hari untuk menyediakan asupan selenium harian. Selenium memainkan peran penting dalam metabolisme dan fungsi tiroid dan membantu melindungi tubuh dari kerusakan yang disebabkan oleh stres oksidatif.

Video Terkait