6 Manfaat Kulit Jeruk bagi Kesehatan dan Juga Kecantikan Kulit

Ilustrasi jeruk kupas (Pixabay)

Editor: Tanti Malasari - Senin, 28 Maret 2022 | 17:10 WIB

Sariagri - Jeruk adalah buah tropis yang memiliki sejumlah nutrisi baik bagi tubuh, terutama vitamin C. Cita rasanya manis dan asam namun juga menyegarkan. Tak heran mengapa banyak yang menggemari buah yang satu ini. Namun siapa yang menyangka, selain buahnya yang baik untuk dikonsumsi dan menyehatkan, manfaat kulit jeruk ternyata juga bisa kita dapatkan.

Dilansir dari Healthline, kulit jeruk memiliki tekstur yang tidak rata dan keras yang membuat tampilannya tidak menarik. Namun, kulit jeruk mengandung banyak nutrisi di antaranya serat hingga vitamin C. Selain itu kulit jeruk juga merupakan sumber polifenol hesperidin yang bisa berfungsi sebagai antikanker. Lantas, apa manfaat kulit jeruk?

Manfaat kulit jeruk

Meskipun memiliki rasa yang asam dan pahit, sebenarnya kulit jeruk aman untuk dikonsumsi secara langsung. Adapun manfaat kulit jeruk bagi kesehatan adalah sebagai berikut:

1. Menjaga kesehatan jantung

Kulit jeruk mengandung serat, vitamin, dan mineral. Melansir studi dalam jurnal Advances in Nutrition, pola makan tinggi serat dan vitamin C bermanfaat bagi kesehatan jantung. Serat mampu menurunkan kolesterol, sedangkan vitamin C melindungi jantung dan pembuluh darah dari kerusakan akibat radikal bebas.

2. Menurunkan risiko berbagai penyakit

Manfaat kulit jeruk selanjutnya adalah mencegah berbagai macam penyakit lain. Selain buahnya, kulit jeruk juga mengandung senyawa antioksidan yang disebut polifenol.

Senyawa ini mampu melindungi sel-sel tubuh dari kerusakan akibat radikal bebas dan peradangan. Bahkan senyawa ini juga dapat memicu respons sistem kekebalan tubuh dan merangsang pertumbuhan sel.

3. Menjaga kesehatan gigi

Tidak sampai disitu saja, kulit jeruk juga mengandung senyawa antibakteri serta mineral berupa fosfor dan kalsium. Senyawa antibakteri dalam kulit jeruk bermanfaat untuk mencegah pembentukan plak serta gigi berlubang. Sementara fosfor dan kalsium diperlukan untuk menjaga kesehatan tulang dan gigi.

Manfaat kulit jeruk untuk wajah dan kecantikan

Selain bermanfaat untuk kesehatan, kulit jeruk juga berperan baik dalam menjaga kesehatan kulit. Beberapa manfaatnya antara lain:

1. Mencerahkan Kulit

Jumlah vitamin C yang terkandung dan kulit terhitung cukup banyak. Tentu saja ini memberi manfaat baik dalam menjaga dan mencerahkan kulit dengan membuatnya semakin lembab dan bersinar.

Namun hati-hati, perhatikan juga dalam penggunaannya, disarankan agar tidak terlalu banyak karena bisa mengiritasi kulit dan membuat efek panas, akibat kandungan asam sitrat.

2. Mencegah Penuaan Dini

Manfaat kulit jeruk juga bisa digunakan untuk mencegah penuaan dini. Penuaan dini merupakan masalah kulit yang paling umum terjadi pada seseorang, terutama yang sudah memasuki usia 30 tahun. Masalah ini biasanya ditandai dengan munculnya keriput, garis halus, serta kulit kendur yang sangat mengganggu penampilan.

Dengan menggunakan kulit jeruk sebagai masker, maka bisa menjadi pencegahan penuaan dini. Seperti diketahui kulit jeruk kaya akan antioksidan, vitamin C, dan kalsium yang mampu melawan radikal bebas yang merupakan salah satu pemicu penuaan dini.

Baca Juga: 6 Manfaat Kulit Jeruk bagi Kesehatan dan Juga Kecantikan Kulit
Fakta Jeruk Nipis, Si Mungil yang Punya Manfaat Besar Bagi Kesehatan

3. Mengurangi Komedo dan Jerawat

Komedo dan jerawat merupakan masalah kulit yang kerap dikeluhkan, terutama bagi kaum hawa. Pasalnya masalah kulit ini bisa menimbulkan rasa tidak percaya diri bagi seseorang. Ada banyak faktor yang menyebabkannya, seperti pori-pori yang tersumbat, hormon, pola makan tertentu. Untuk mengatasinya kamu bisa menggunakan kulit jeruk, sebagai masker.

Caranya dengan mengaplikasikan kulit jeruk ke kulit wajah secara rutin, 1-2 kali seminggu. Mengutip dari Boldsky, kulit jeruk memiliki sifat antioksidan dan anti-inflamasi yang dapat membasmi bakteri penyebab jerawat. Bahkan kulit jeruk ini disinyalir mampu meredakan peradangan dan hiperpigmentasi akibat jerawat di wajah.

Video Terkait