3 Efek Samping Jika Konsumsi Kulit Jeruk Secara Berlebihan

Ilustrasi kulit jeruk. (pixabay)

Editor: Tanti Malasari - Senin, 28 Maret 2022 | 18:40 WIB

Sariagri - Tahukah kamu, selain daging dari buahnya, kulit jeruk ternyata juga memiliki segudang manfaat. Melansir jurnal yang berjudul Uji Aktivitas Antioksidan Pada Kulit Jeruk Manis (Citrus Sinensis) sebagai Alternatif Bahan Pembuatan Masker Wajah, daging buah jeruk ternyata memiliki kandungan vitamin C yang sangat tinggi yang bisa meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Selain itu kulit jeruk juga mengandung serat, dan berbagai senyawa yang dapat mengurangi risiko beragam penyakit. Namun, harus digarisbawahi, mengonsumsi kulit jeruk dalam jumlah banyak juga tidak disarankan karena bisa menimbulkan efek samping.

Beberapa efek samping mengonsumsi kulit jeruk adalag sebagai berikut:

1. Mengandung pestisida

Hati-hati jika kamu mengonsumsi kulit jeruk secara berlebihan, sebab kamu bisa berisiko terpapar pestisida dalam jumlah yang besar. Harus kamu ketahui, terpapar pestisida dalam jangka waktu yang panjang bisa mengganggu fungsi hormon, bahkan diduga meningkatkan risiko kanker.

Oleh karena itu, batasi konsumsi kulit jeruk agar tidak berlebihan atau tidak terlalu sering. Selain itu, jangan lupa untuk mencuci kulit jeruk dengan air hangat sebelum dikonsumsi guna mengurangi pestisida yang menempel.

2. Rasa dan teksturnya aneh

Mengonsumsi kulit jeruk mungkin memang terdengar aneh. Pasalnya kulit jeruk memiliki rasa yang asam dan pahit, sehingga kurang menggugah selera. Hal inilah yang membuat banyak orang tidak menyukai kulit jeruk. Selain itu, kulit jeruk juga memiliki tekstur yang keras dan kering sehingga sulit untuk dikunyah.

Baca Juga: 3 Efek Samping Jika Konsumsi Kulit Jeruk Secara Berlebihan
6 Manfaat Kulit Jeruk bagi Kesehatan dan Juga Kecantikan Kulit

3. Sulit dicerna

Seperti yang telah disampaikan sebelumnya, bahwa kulit jeruk mengandung nutrisi seperti serat, vitamin, mineral, serta berbagai senyawa yang melindungi tubuh dari berbagai penyakit. Kulit jeruk pun juga aman untuk dikonsumsi.

Namun jika dikonsumsi secara berlebihan, maka bisa menimbulkan beragam efek samping, seperti sakit perut, kembung, dan rasa tidak nyaman. Hal ini dikarenakan kandungan serat dalam kulit jeruk sangat besar, sehingga membuatnya sulit untuk dicerna.

Agar kamu aman, cukup gunakan sedikit parutan kulit jeruk dalam hidangan, oatmeal, salad, atau teh hangat.

Video Terkait