Ketahui Manfaat Berenuk, Buah yang Dianggap Ajaib Oleh Orang Filipina

Ilustrasi Buah Berenuk (Pixabay)

Penulis: Triana, Editor: Tanti Malasari - Rabu, 30 Maret 2022 | 17:15 WIB

Sariagri - Untuk sebagian orang, pasti masih asing jika mendengar buah berenuk. Padahal, buah yang memiliki nama ilmiah Crescentia cujete ini memiliki segudang manfaat yang baik untuk kesehatan tubuh.

Tak heran jika banyak orang Filipina menyebut buah ini sebagai buah ajaib. Buah yang aslinya berasal dari Amerika Tengah dan Selatan ini diketahui memiliki ciri seperti kelapa muda dengan ukurannya yang sebesar semangka.

Menurut Philippine Council for Health Research and Development (PCHRD) dan Department of Science and Technology (DOST), berenuk mengandung senyawa flavonoid seperti quercetin dan anthraquinone.

Berenuk juga mengandung phytochemical, yang penting untuk aktivitas antiangiogenik. Selain itu, buah berenuk diperkaya dengan sederet nutrisi penting, seperti vitamin B1, vitamin C, karbohidrat, protein, kalium, kalsium, bahkan zat besi. Melihat banyaknya senyawa yang terkandung dalam buah ini membuat kita penasaran akan khasiatnya untuk kesehatan.

Berikut adalah segudang manfaat dari buah berenuk, yang jarang diketahui.

1. Mencegah Kanker

Dalam uji klinis yang dilakukan oleh sekelompok mahasiswa dari Notre Domes of Dadiangas University, Filipina menemukan bahwa berenuk dapat mencegah kanker.

Ditemukan dalam ekstrak berenuk senyawa flavonoid semisal quercetin dan antrakuinon yang berfungsi sebagai fitokimia yang dapat menghambat pertumbuhan dan perkembangan pembuluh darah baru dalam tubuh.

2. Menurunkan Gula Darah

Davao Medical School Foundation dan telah memastikan bahwa buah berenuk memiliki efek menurunkan gula darah. Meski masih dalam pengembangan riset, namun studi ini menemukan bahwa efek ini terlihat signifikan saat mendapatkan ekstrak rebusan buah berenuk selama 7–14 hari berturut-turut.

3. Mengatasi Asma dan Batuk

Jus berenuk diyakini ampuh untuk atasi asma dan batuk. Maka dari itu, minumlah jus buah berenuk secara rutin untuk mengatasi asma. Agar terasa manis, campurlah jus dengan kayu manis, pala, dan sirup herbal.

4. Mencegah infeksi cacing

Berenuk diyakini mempunyai sifat anthelmintic yang tentunya berpotensi bisa membunuh cacing yang ada di dalam tubuh. Kandungan tanin yang terdapat pada berenuk terbukti membunuh cacing di dalam tubuh. Sayangnya, hal ini masih pada tahap uji laboratorium. Jadi, perlu penelitian lebih lanjut untuk membuktikan efektivitasnya pada manusia.

5. Menurunkan efek bisa ular

Resiko kematian akibat bisa ular Vipera russelli atau bisa ular viper Rusia ternyata dapat diatasi oleh berenuk. Riset International Journal of Phytomedicine menyatakan jika buah ini mampu meningkatkan kemungkinan hidup hingga seratus persen.

Studi ini menyatakan buah berenuk diberikan sebanyak 200–400 mg/kg berat badan. Peneliti juga memperkirakan khasiat buah berenuk ini berasal dari senyawa flavonoid, tanin, dan alkaloid yang terkandung.

Meski demikian, studi ini masih dilakukan pada hewan dan cara kerjanya masih belum dipahami. Oleh karena itu, masih diperlukan studi lebih lanjut untuk mengetahui efektivitasnya.

Baca Juga: Ketahui Manfaat Berenuk, Buah yang Dianggap Ajaib Oleh Orang Filipina
Mengenal Buah Gandaria, Si Kuning Eksotis yang Kaya akan Nutrisi

6. Mencegah Konstipasi

Ada dua alasan mengapa berenuk kaya akan serat larut dan tidak larut yang baik untuk sembelit. Hal itu karena sebagian besar berenuk terbuat dari air, sehingga ini menjadi perpaduan antara manfaat kesehatan dari serat dan air yang sangat bagus untuk melawan sembelit dan masalah perut lainnya.

7. Menjaga Kesehatan Liver

Ada beberapa penelitian yang telah dilakukan untuk mendukung klaim bahwa berenuk bermanfaat untuk kesehatan hati. Studi tersebut juga menyatakan bahwa berenuk adalah solusi penyembuhan alami karena sifat anti-inflamasinya.

Video Terkait