Segudang Manfaat Talas Bagi Kesehatan yang Jarang Diketahui

Ilustrasi Talas Bogor yang menjadi camilan tradisonal. (Dok. Kementan)

Editor: Tanti Malasari - Rabu, 30 Maret 2022 | 14:10 WIB

Sariagri - Manfaat talas sudah tidak perlu diragukan lagi. Tanaman berjenis umbi-umbian ini, awal mulanya banyak tumbuh di daratan Afrika, Amerika, dan Asia. Di dalam negerti, tumbuhan yang bernama latin Colocasia esculenta ini sudah banyak dibudidayakan. Bahkan tanaman ini sangat populer di daerah Bogor dan menjadi produk andalah dari Kota Hujan ini.

Tumbuhan ini telah lama dijadikan sebagai makanan pokok dan berbagai macam olahan makanan bercita rasa lezat, mulai dari bolu, keripik, kolak, bubble tea, es campur dan lain sebagainya. Ada beberapa jenis talas dari daerah sini, seperti talas sutera, talas bentul, dan talas ketan.

Kandungan nutrisi dari talas

Dirangkum dari berbagai sumber, diperkirakan dalam seporsi talas atau sekitar 150 gram yang telah dimasak, mengandung berbagai macam nutrisi, diantaranya:

• 5–7 gram serat
• 4 gram protein
• 15 –170 miligram kalsium
• 450–600 miligram kalium
• 30–50 miligram magnesium
• 60–70 miligram fosfor

Selain itu, talas juga dilengkap dengan senyawa antioksidan, karbohidrat kompleks, vitamin C, vitamin B, vitamin A, serta zat besi dan tembaga. Keragaman nutrisi yang terdapat pada talas, menjadikannya sebagai salah satu makanan yang baik dikonsumsi sehari-hari.

Manfaat talas bagi kesehatan

Di balik keistimewaan rasanya yang lezat, panganan ini memiliki segudang manfaat. Pada dasarnya manfaat talas rebus, manfaat talas bogor, manfaat talas hitam bagi kesehatan hampir sama saja. Lantas apa saja manfaatnya, simak penjelasannya berikut:

1. Menjaga kadar gula darah

Agar metabolisme tubuh dapat berjalan dengan baik, maka kadar gula dalam darah harus dijaga agar tetap stabil. Sebab kadar gula darah yang terlalu tinggi akan berisiko menyebabkan resistensi insulin dan menyebabkan penyakit diabetes.

Oleh karena itu untuk menjaga kadar gula darah tetap stabil, tubuh membutuhkan asupan makanan yang mengandung karbohidrat kompleks dan serat. Salah satunya Sobat Agri bisa mendapatkannya dengan mengonsumsi talas. Manfaat talas ini didapat karena talas memiliki indeks glikemik yang rendah.

2. Mencegah penyakit jantung

Di dalam makanan pokok kaya gizi ini juga terkandung serat, kalium, dan antioksidan yang cukup tinggi di dalamnya. Ketiga kandungan tersebut sangat berperan baik dalam menjaga dan memelihara kesehatan jantung. Serat yang didapat dari talas berfungsi untuk memastikan agar kadar kolesterol tetap normal. Fungsi kalium di dalam talas juga baik untuk mencegah tekanan darah tinggi, yang menjadi pemicu penyakit jantung.

3. Menjaga kesehatan tulang

Tulang juga dapat lebih kuat dengan mengonsumsi talas. Talas ternyata memiliki kandungan kalsium yang terbilang cukup tinggi, bahkan jauh lebih tinggi dibandingkan tumbuhan sejenisnya, misalnya singkong.

Dalam setiap 100 gram talas mengandung sekitar 150 miligram kalsium, yang cukup memenuhi kebutuhan kalsium yang dibutuhkan tubuh. Seperti yang diketahui kalsium berperan penting dalam menjaga kesehatan tulang, sehingga tulang akan menjadi lebih kuat dan terhindar dari pengeroposan tulang atau osteoporosis.

4. Mengurangi risiko kanker

Manfaat talas selanjutnya adalah mencegah penyakit kanker. Hal ini berkat kandungan antioksidan di dalamnya, seperti polifenol, vitamin C, dan vitamin E. Senyawa baik ini mampu menangkal efek radikal bebas yang datang dari berbagai sumber, seperti metabolisme alami tubuh, polusi, dan sinar matahari. Paparan radikal bebas sendiri sangat berbahaya bagi kesehatan, karena merupakan salah satu penyebab tumbuhnya sel kanker di dalam tubuh.

Baca Juga: Segudang Manfaat Talas Bagi Kesehatan yang Jarang Diketahui
Selain Umbinya, Daun Talas Juga Bisa Dikonsumsi jadi Panganan Kaya Gizi

5. Membantu menjaga berat badan

Lalu yang kelima adalah membantu menurunkan berat badan. Serat dan karbohidrat yang dikandung talas memerlukan waktu yang lebih lambat untuk dicerna. Hal inilah yang membuat mengonsumsi talas dapat memberikan efek kenyang yang lebih lama.

Tentu ini menjadi cara untuk menekan rasa atau keinginan untuk ngemil atau mengonsumsi makanan lainnya. Oleh karena itu jika kamu ingin menurunkan atau menjaga berat badan, maka mengonsumsi talas bisa menjadi salah satu cara yang bisa dilakukan.