Alasan Semangka Harus Jadi Salah Satu Menu Makananmu

Ilustrasi Semangka (Pixabay)

Penulis: Triana, Editor: Putri - Jumat, 1 April 2022 | 12:00 WIB

Sariagri - Buah semangka dikenal sebagai buah yang memiliki kandungan air yang banyak. Buah ini juga mempunyai rasa manis dan juga segar, sehingga banyak dicari oleh masyarakat Indonesia di kala cuaca sedang panas.

Dengan harganya yang tak begitu mahal dan memiliki bentuk yang besar, buah semangka mempunyai warna yang dapat menggoda selera. Warna kulit hijaunya yang mencolok serta daging buahnya yang berwarna merah segar, sehingga menjadi daya tarik tersendiri bagi para penikmatnya.

Selain itu, untuk mendapatkan buah ini pun tidak sulit. Jika kamu sedang ingin merasakan segarnya buah semangka, kamu hanya perlu membelinya di pasar atau supermarket.

Semangka berasal dari gurun Afrika, bisa diolah menjadi berbagai macam kreasi menu makanan hingga minuman. Jika tidak mau repot, kamu bisa memakannya langsung tanpa diolah. Manfaat semangka juga tidak bisa diabaikan jika kamu rutin mengonsumsinya.

Manfaat semangka dipercaya dapat menjaga kesehatan rambut, mencegah dehidrasi, menjaga kelembaban kulit, sumber kolagen, bahkan mengontrol tekanan darah.

Selain itu, semangka juga dapat membantu ibu hamil untuk menangkal morning sickness hingga menjaga kesehatan mata. Kemudian, semangka juga dipercaya dapat mencegah timbulnya kanker pada prostat. Mengapa demikian?

Di dalam buah semangka terdapat kandungan antioksidan likopen. Kandungan tersebut ternyata memang dibutuhkan oleh tubuh manusia. Antioksidan memiliki fungsi untuk melawan radikal bebas yang menjadi penyebab kanker. Sedangkan likopen memiliki kemampuan untuk menurunkan risiko timbulnya kanker prostat.

Baca Juga: Alasan Semangka Harus Jadi Salah Satu Menu Makananmu
Ketahui Manfaat Berenuk, Buah yang Dianggap Ajaib Oleh Orang Filipina

Oleh sebab itu dengan rutin mengonsumsi semangka, diharapkan risiko kanker prostat menjadi semakin kecil. Menurut data dari WHO, kanker prostat merupakan jenis kanker yang paling umum diderita pria.

Sementara di Indonesia sendiri, kanker jenis ini menempati posisi kedua sebagai kanker yang paling banyak diderita oleh pria. Jadi, tidak ada salahnya mulai sekarang rajin mengonsumsi buah yang satu ini agar kesehatanmu terjaga dengan baik.

Video Terkait