Kelompok Tani ini Ubah Kolong Tol Warakas jadi Lahan Sayuran

Ilustrasi urban farming. (Pixabay)

Penulis: Gloria, Editor: M Kautsar - Kamis, 31 Maret 2022 | 23:00 WIB

Sariagri - Kelompok Tani Terus Bersemi berhasil mengubah kolong Tol Warakas, Kecamatan Tanjung Priok, Jakarta Utara, menjadi kebun sayuran.

Ketua Tim Penggerak PKK Kota Administrasi Jakarta Utara, Yenny Nursanti mengapresiasi Kelompok Tani Terus Bersemi yang terlibat langsung dalam pengelolaan urban farming di lingkungan RT 02 RW 12 Kelurahan Warakas, Kecamatan Tanjung Priok.

"Disini kita bisa melihat langsung aneka sayuran segar yang merupakan hasil dari kerja keras ibu-ibu Kelompok Tani Terus Bersemi. Dengan kegigihan dan kekompakannya itu, mereka saling bahu membahu menyulap lahan ini menjadi area perkebunan yang asri," tutur Yenny Nursanti melalui keterangan tertulis, Kamis (31/3/2022)

Adapun beragam jenis tanaman yang ada di lahan kolong Tol Warakas tersebut seperti sawi, kangkung, pakcoy, kacang panjang, terong ungu, dan bawang merah. Menghijaukan lingkungan dan meningkatkan ketahanan pangan keluarga menjadi tujuan utama dari pelaksanaan urban farming di wilayah Kelurahan Warakas.

Baca Juga: Kelompok Tani ini Ubah Kolong Tol Warakas jadi Lahan Sayuran
Jeruk Limau Akan Jadi Ikon Baru Urban Farming Jakarta Utara

Meski demikian, hasil panen lahan di kolong Tol Warakas tersebut juga akan dijual ke masyarakat dengan harga murah. Setiap sayuran yang berhasil dipanen sekitar 15 kg dan hasil penjualan sayuran tersebut digunakan untuk pembelian bibit dan kebutuhan lainnya.

"Setiap kelurahan memiliki lokasi urban farming yang diunggulkan dan ini akan memotivasi yang lain untuk ikut menerapkan urban farming di lingkungannya masing-masing. Tetap semangat untuk menanam dan mari kita hijaukan wilayah Jakarta Utara," tutur Yenny.