Ini Tanda-Tanda Rumput Pekarangan Rumahmu Minta Diperhatikan

Ilustrasi rumput. (Pixabay)

Penulis: Gloria, Editor: Tatang Adhiwidharta - Jumat, 1 April 2022 | 17:50 WIB

Sariagri - Rumput hias merupakan tanaman yang tidak bisa dipisahkan dari pekarangan rumah. Meski begitu, rumput juga membutuhkan perhatian.

Rumput hias biasanya terdiri dari rumput manila, rumput gajah besar, rumput gajah mini, rumput Jepang, rumput peking, rumput babat dan lainnya. Selain membuat rumah lebih hijau, rumput di pekarangan juga bisa menjadi tempat untuk menikmati sore hari.

Kebiasaan buruk terhadap rumput biasanya tanaman ini hanya ditempelkan pada tanah untuk nantinya menyebar sendiri. Kerapkali pemilik rumah lupa untuk memberikan pupuk dan merawat rumput hias.

Yuk kenali tanda-tanda rumput membutuhkan perhatian:

1. Berwarna kuning

Rumput hijau bisa berubah warna menjadi kuning. Biasanya hal itu disebabkan karena rumput kekeringan dan hama seperti lalat bangau dan jangkrik.

Cara mengatasinya adalah dengan menutup halaman dengan terpal. Lihatlah, larva akan tinggal di atas terpal sehingga rumput bisa dibersihkan dengan mudah.

2. Menipis

Rumput juga bisa menipis. Jika itu terjadi tandanya dia membutuhkan perhatianmu. Caranya dapat dengan memberi pembatas untuk digunakan ketika berjalan melintasi rumput. Bisa juga dengan mencabut rumput lalu menggemburkan tanah dengan cangkul. Kemudian tanam kembali rumputnya.

Baca Juga: Ini Tanda-Tanda Rumput Pekarangan Rumahmu Minta Diperhatikan
Rumput Ilalang, Tanaman Liar yang Bisa Obati Berbagai Penyakit

3. Rumput berkelompok

Seringkali kita menemukan rumput yang tumbuh secara beregrombol. Sehingga permukaan tanah tidak tertutup dengan baik.

Biasanya hal ini disebabkan oleh cara pemotongan yang salah. Cara mengatasinya adalah dengan variasikan metode memotong rumput atau bisa juga memastikan rumput mendapat cukup angin.

4. Embun tepung

Rumput rentan terserang embun tepung saat cuaca panas dan lembab.

Cara mengatasinya dengan menambahkan pasir halus pada rumput dan hindari memberi pupuk bernitrogen.

Video Terkait