Selain Jadi Bumbu Dapur, Kencur Juga Miliki Segudang Manfaat bagi Kesehatan

Kencur atau cikur dalam bahasa Sunda (Sariagri/Andry Hariana)

Editor: Tanti Malasari - Minggu, 3 April 2022 | 08:00 WIB

Sariagri - Kencur adalah tanaman asli Asia, yang termasuk ke dalam keluarga suku jahe-jahean (Zingiberaceae). Tanaman ini sering dijadikan sebagai salah satu jenis bumbu dapur yang banyak digunakan.

Ia memiliki aroma yang sangat khas yakni segar dan menyeruak. Selain digunakan sebagai penambah cita rasa dalam masakan, ternyata kencur banyak dijadikan sebagai obat alami yang bermanfaat untuk kesehatan.

Berikut manfaat kencur yang baik untuk mengobati berbagai macam penyakit.

1. Mengobati batuk

Kencur sudah banyak dijadikan sebagai ramuan tradisional, yang dikenal sebagai obat tradisional batuk berdahak. Banyak masyarakat yang percaya, dengan meminum ramuan ini bisa membuat pernapasan menjadi lega dan membantu meredakan batuk berdahak.

Bahkan banyak para penyanyi yang mengonsumsi rempah ini sebelum tampil, untuk membantu menjaga kondisi pita suara sekaligus membuat tenggorokan terasa lebih lega.

2. Menghilangkan stres

Banyak yang tidak menyangka kencur ternyata bisa menghilangkan stress. Namun faktanya berkata demikian. Sebuah penelitian yang dilakuan oleh para peneliti dari Departemen farmasi Universitas Jahangirnagar Bangladesh, berhasil menemukan manfaat kencur yang bersifat antidepresan terhadap sistem saraf pusat yang bisa memberikan efek sedatif atau menenangkan.

3. Mengobati diare

Berdasarkan hasil penelitian sebelumnya yang dimuat dalam International Journal of Pharmacy and Pharmaceutical Sciences, mengatakan bahwa ekstrak kencur memiliki kandungan zat sitotoksik dan antibakteri dalam jumlah yang cukup banyak. Hal inilah yang membuat kencur menjadi salah satu pilihan pengobatan herbal untuk mengobati diare.

4. Dijadikan bahan dasar jamu

Sudah banyak yang mengetahui bahwa kencur menjadi bahan baku utama dalam pembuatan jamu. Minuman herbal ini biasanya disebut dengan nama beras kencur yang terbuat dari campuran beras, kencur, asam Jawa, serta gula merah.

Jamu ini banyak dikonsumsi menjadi minuman yang mampu meningkatkan nafsu makan, mengatasi masalah pencernaan, sakit perut, sesak nafas, pilek, dan juga sakit kepala.

Baca Juga: Selain Jadi Bumbu Dapur, Kencur Juga Miliki Segudang Manfaat bagi Kesehatan
Mengenal Temulawak, Tanaman Asli Indonesia yang Punya Banyak Manfaat

5. Mencegah karies gigi

Selain itu, kencur juga bersifat antimikroba. Kandungan ini bisa membantu menghambat perkembangan bakteri Lactobacillus acidophilus di dalam tubuh. Apakah kamu tau jika bakteri ini dibiarkan semakin banyak, maka bisa mengakibatkan munculnya kerusakan gigi, seperti karies.

Umumnya penyakit ini dialami oleh anak-anak ini dan bisa membuat gigi rusak karena menimbulkan lubang, infeksi, dan sakit gigi.

Video Terkait