Cegah Lemas Saat Puasa, Coba Deh Konsumsi 5 Buah Ini Ketika Sahur

Ilustrasi jeruk. (Foto: Unsplash)

Editor: Dera - Selasa, 5 April 2022 | 19:35 WIB

Sariagri - Menjaga asupan saat sedang menjalani ibadah puasa perlu diperhatikan. Mengonsumsi makanan yang bernutrisi tentu menjadi fokus utama agar mampu berpuasa dengan khusuk.

Mengonsumsi makanan bergizi dan tinggi nutrisi sangat penting untuk menjaga kesegaran dan kebugaran tubuh. Sebab tubuh akan mudah lemas jika kamu tidak menjaga asupan makanan. Mulailah konsumsi buah saat sahur adalah langkah sederhana untuk menjaga kondisi tubuh tetap bugar dan bisa cegah lemas saat puasa. 

Berikut buah yang cocok dikonsumsi ketika sahur untuk cegah lemas saat puasa.

 

1. Pisang

Buah yang pertama yaitu buah pisang, buah ini mengandung kadar gula yang cukup cepat diserap tubuh dan akan diubah menjadi sumber tenaga. Selain itu pisang juga merupakan sumber kalium yang penting untuk menjaga fungsi sel dan mengoptimalkan fungsi otot dan saraf. 

Oleh karena itu pisang sangat cocok dikonsumsi saat sahur untuk mencegah lemas dikala puasa. Tak kalah penting pisang juga kaya akan vitamin B6. kalsium, folat, zat besi, serta serat pektin yang membantu mendetoks tubuh. 

2. Alpukat

Selanjutnya alpukat, buah yang dikenal kaya akan serat cocok dikonsumsi saat sahur. Pasalnya dengan mengonsumsi alpukat saat sahur akan memberikan rasa kenyang yang lebih lama dan mampu cegah lemas saat puasa. 

Jika kamu penderita kolesterol, buah ini cocok dikonsumsi sebab alpukat mengandung lemak tak jenuh yang membantu mengontrol kadar kolesterol saat puasa.

3. Pepaya

Buah yang satu ini mengandung tinggi nutrisi, seperti betakaroten, vitamin C & E, carotenoid, antioksidan, hingga antikarsinogenik. Buah pepaya mengoptimalkan sistem pencernaan sehingga tidak menyebabkan lemas saat puasa. 

Kandungan enzim papain dalam buah pepaya juga menjaga imunitas tubuh. Dengan begitu, tubuh akan selalu sehat dan bugar.

4. Jeruk 

Buah yang kaya akan vitamin C siapa lagi kalau bukan jeruk. Vitamin C dalam jeruk sangat baik untuk menjaga kebugaran. Nutrisi dalam jeruk mampu menjaga tubuh supaya tidak lemas saat berpuasa. 

Perlu diingat jika kamu memiliki penyakit asam lambung sebaiknya konsumsi jeruk setelah makan. Tentunya untuk menjaga lambung tidak perih saat mengonsumsi jeruk.

Baca Juga: Cegah Lemas Saat Puasa, Coba Deh Konsumsi 5 Buah Ini Ketika Sahur
Simak! Ini Makanan yang Harus Dihindari Penderita Hipertensi Saat Puasa

5. Apel

Apel merupakan buah yang mengandung tinggi serat, hal itu sangat membantu tubuh dalam memberikan rasa kenyang yang lebih lama. Buah apel juga mengandung zat pektin yang membantu mengontrol kolesterol dan gula darah.

Namun saat mengonsumsi apel sebaiknya kulit apel jangan dibuang. Pasalnya zat konsentrat pada buah apel terletak di bagian kulitnya. Jadi jangan dikupas ya Sobat Agri.

Video Terkait