4 Langkah Penting Sebelum Menyimpan Stroberi di Lemari Es

Ilustrasi - Buah stroberi. (Pixabay)

Editor: Putri - Selasa, 5 April 2022 | 22:00 WIB

Sariagri - Stroberi segar sangat lezat dan beraroma, terutama ketika memetik sendiri atau membelinya dari kios buah di puncak musim stroberi.

Setelah kamu memiliki stroberi, menjaganya tetap segar setelah membelinya bisa menjadi tantangan. Buah ini sangat lezat sehingga tidak ada yang mau kehilangan bahkan satu stroberi begitu berharga.

Buah stroberi tidak akan bertahan lama pada suhu kamar karena akan segera mengembangkan spora jamur. Pelajari cara terbaik untuk menyimpan stroberi adalah keputusan terbaik.

Jika kamu ingin memperpanjang umur simpan stroberi, kau harus menyimpannya di lemari es. Cara terbaik untuk melakukannya adalah dengan menyimpannya dalam satu lapisan wadah kedap udara.

Namun sebelum menaruhnya dalam wadah, ikuti langkah-langkah berikut.

1. Cuci Stroberi Hanya saat Akan Memakannya

Terlalu sering mencuci stroberi membuatnya lembab dan berjamur. Dinginkan stroberi yang belum dicuci dan hanya mencucinya sebelum memakannya.

2. Simpan Secara Utuh

Stroberi utuh akan menahan pembusukan lebih lama daripada stroberi yang dipotong-potong. Biarkan stroberi dan daunnya tetap utuh.

3. Lapisi Wadah Plastik atau Kaca dengan Tisu

Tisu akan menyerap kelembapan dan mencegah buah stroberi berjamur. Tempatkan stroberi dalam satu lapisan di dalam wadah. Jika dapat memasukkan semua stroberi ke dalam satu wadah, itu akan mempermudah segalanya.

Baca Juga: 4 Langkah Penting Sebelum Menyimpan Stroberi di Lemari Es
Stroberi Raksasa Asal Israel Catatkan Rekor Dunia

Jika kamu membutuhkan banyak wadah, jangan ragu untuk menggunakan lebih dari satu. Kamu masih bisa menumpuk stroberi di atas satu sama lain tetapi ini memungkinkan jamur menyebar dengan cepat dari satu buah ke buah lainnya.

4. Tutup Wadah dengan Rapat dan Masukkan ke Dalam Lemari Es

Stroberi kering dan kedap udara seharusnya dapat bertahan di lemari es selama tujuh hari atau lebih. Namun, untuk rasa yang paling segar, kamu sebaiknya memakannya lebih cepat. 

Video Terkait