Apa Manfaat Meletakkan Timun di Mata? Simak Penjelasannya

Ilustrasi timun. (Pixabay)

Penulis: Gloria, Editor: Putri - Rabu, 6 April 2022 | 21:00 WIB

Sariagri - Menaruh timun di atas kedua mata dipercaya sebagai trik lama untuk kecantikan. Namun trik tersebut masih sering dilakukan di tengah banyaknya salon kecantikan.

Melansir Byrdie, timun lebih dari sekadar aksesori kecantikan selama perawatan wajah. Meletakkan timun di mata bermanfaat untuk menghidrasi dan menenangkan kulit tipis di sekitar mata.

Dokter kulit Brendam Camp menjelaskan, timun menjadi andalan untuk mengatasi pembengkakan pada kulit periorbital karena bahannya yang alami, murah serta mudah didapati.

Mentimun sendiri memang menawarkan beberapa khasiat kesehatan kulit. Timun mengandung 95 persen air serta mengandung lignan, cucurbitacins, flavonoid, antioksidan dan elemen. Selain itu timun memiliki banyak kandungan mineral.

Makanan yang memiliki nama latin Cucumis sativus ini mengandung suplemen yang kuat karena kandungan air di dalamnya ketika dioleskan ke kulit. Selain sifatnya yang menghidrasi dengan lembut, timun juga memiliki silika yang dapat meningkatkan produksi kolagen 2.

Kandungan vitamin C, vitamin K, dan asam folat yang ada pada timun juga memberikan kesehatan pada kulit. Vitamin K yang ada pada timun memberi manfaat untuk mengurangi lingkaran hitam mata atau mata panda.

Dokter Kecantikan Selebriti Natalie Aguilar, RN menilai timun dapat mendinginkan dan tidak memiliki sifat asam yang dapat mengiritasi area mata sensitif.

"Dilaporkan bahwa mentimun telah ditanam oleh orang-orang di India untuk tujuan klinis dan sebagai sumber makanan sejak zaman kuno. Ini populer digunakan dalam pengobatan tradisional India karena tindakan pembersihannya di dalam tubuh," tuturnya.

Selain itu, timun bersifat antioksidan dan sebagai pembersih yang membantu menghilangkan racun kimia dari tubuh dan kulit. Timun juga bersifat menenangkan dan melindungi kulit dari iritasi serta mengurangi pembengkakan.

"Timun telah digunakan untuk sifat klinis dan terapeutik mereka selama berabad-abad," jelas Aguilar.

"Karena kandungan air timun yang tinggi, sifat antioksidan, dan senyawa bioaktif terisolasi termasuk cucumerin A dan B dan cucurbitacins, buah-buahan ini sangat bagus untuk mengurangi pembengkakan dan peradangan, menghidrasi, mencerahkan dengan lembut, dan menenangkan kulit."

Sifatnya yang menghidrasi juga membantu menjaga kulit tetap sehat dalam penampilan. Selain itu timun juga dapat mengencangkan kulit agar tampak lebih muda dan segar.

Selain itu, manfaat timun juga untuk membantu mengobati kulit terbakar dan keriput karena sifat menenangkan di dalamnya. Macam-macam manfaat inilah yang membuat timun populer tidak hanya untuk diletakkan langsung di kulit, tetapi juga sebagai bahan dalam banyak produk perawatan kulit yang melembapkan dan menghidrasi.

"Kulit kelopak mata kering, dan garis-garis halus yang terkait, dapat berkontribusi pada penampilan yang menua," jelas Camp.

Baca Juga: Apa Manfaat Meletakkan Timun di Mata? Simak Penjelasannya
Sederet Manfaat Timun, Salah Satunya Jadi Rahasia Kecantikan Aisyah Istri Rasulullah SAW

Camp menilai bahwa timun dingin dapat menyebabkan penyempitan pembuluh darah superfisial. "Ini, pada gilirannya, mengurangi pembengkakan kulit periorbital yang dapat terjadi setelah asupan garam yang berlebihan, menangis, atau keluar malam," katanya.

Cara menggunakan timun untuk kesehatan mata adalah dengan mengirisnya, pastikan terdapat biji di setiap irisannya. Kemudian diletakkan di atas kedua mata.

"Saya sarankan menggunakan di pagi hari pada kulit bersih, atau sebelum acara," jelas Aguilar.

"Ikuti dengan serum, pelembab, dan, (siang hari) SPF," tutupnya. 

Video Terkait