5 Tanaman Sumber Minyak Esensial yang Memberikan Ketenangan

Ilustrasi daun eucalyptus (Pixabay)

Editor: Putri - Minggu, 10 April 2022 | 19:00 WIB

Sariagri - Banyak tanaman, baik yang dibudidaya atau tumbuh liar, dapat digunakan sebagai sumber minyak esensial. Minyak esensial adalah senyawa aromatik yang mudah menguap.

Minyak esensial bisa berasal dari kulit kayu, bunga, daun, akar, biji, batang, dan bagian tanaman lainnya yang diekstrak. Manfaatnya pun bermacam-macam, dari memperbaiki suasana hati, mengatasi masalah pencernaan, hingga mengurangi gejala PMS.

Mengutip berbagai sumber, berikut sumber tanaman minyak esensial yang bersifat menenangkan.


1. Kayu Manis

Secara aromatik, minyak esensial kayu manis jauh lebih kuat aromanya daripada kayu manis bubuk. Minyak yang terbuat dari ekstrak kulit kayu manis ini cenderung menghangatkan, merangsang dan memberi energi.

Minyak esensial kulit kayu manis dan minyak esensial daun kayu manis menyatu dengan baik dengan banyak minyak esensial lainnya. Terutama minyak esensial dalam keluarga kayu, rempah-rempah, jeruk dan mint.

2. Eucalyptus

Secara aromatik, Eucalyptus memiliki aroma obat yang segar, berkayu dan cerah. Eucalyptus juga menjadi bahan pembuatan minyak kayu putih yang biasa digunakan sebagai obat gosok.

Beberapa khasiat minyak esensial Eucalyptus adalah untuk infeksi pernapasan, bronkitis, dan penyakit menular.

3. Bunga Melati

Bunga melati tidak dapat disuling dengan uap secara efektif, sehingga diekstraksi dengan pelarut untuk membuat absolut yang sangat terkonsentrasi. Minyak esensial bunga melati digunakan dalam aplikasi wewangian yang berharga untuk pria dan wanita.

Aromanya membangkitkan semangat dan digunakan untuk membantu memerangi depresi. Minyak esensial bunga melati juga dianggap sebagai afrodisiak. Kegunaan dan manfaat lainnya adalah memerangi kulit kering, kelelahan, dan nyeri persalinan.

4. Bunga Mawar

Minyak esensial bunga mawar biasanya digunakan untuk aplikasi emosional, spiritual, wewangian dan perawatan kulit. Namun minyak esensial bunga mawar termasuk di antara minyak esensial yang paling mahal.

Ahli aromaterapi Andrea Butje mengatakan bahwa dibutuhkan semua kelopak dari 30-50 mawar untuk menghasilkan hanya satu tetes minyak esensial bunga mawar.

Secara emosional, minyak esensial bunga mawar dapat membantu selama masa stres yang intens. Hal ini dianggap oleh banyak orang sebagai minyak terbaik untuk digunakan selama masa berkabung.

5. Serai

Aroma minyak esensial serai sangat menyegarkan dan membangkitkan semangat. Oleh sebab itu serai adalah minyak esensial yang penting untuk memulai hari.

Baca Juga: 5 Tanaman Sumber Minyak Esensial yang Memberikan Ketenangan
9 Macam Warna Bunga Mawar dan Artinya, Romantis Banget!

Jika kamu ingin bekerja dengan minyak esensial yang memiliki aroma yang sangat kuat, minyak esensial serai cocok untukmu. Minyak esensial ini membantu memberi dorongan emosional ketika hidup penuh tantangan.

Sangat menyenangkan untuk disertakan dalam campuran untuk digunakan ketika lelah secara emosional atau fisik bahkan ketika membutuhkan bantuan untuk fokus.

Video Terkait