Intip 5 Manfaat Buah Delima untuk Kesehatan Kulit

Buah delima. (Foto: Unsplash)

Editor: Putri - Selasa, 12 April 2022 | 21:00 WIB

Sariagri - Buah delima atau pomegranate dikenal sebagai buah yang dapat menurunkan peradangan dan meningkatkan kesehatan secara keseluruhan.

Sebagian besar manfaat ini berasal dari polifenol, nutrisi yang mengandung antioksidan kuat yang ditemukan dalam makanan lainnya seperti buah beri dan teh hijau.

Mengingat kandungan nutrisinya, ada kemungkinan buah delima dapat meningkatkan kesehatan dari dalam ke luar. Manfaatnya termasuk untuk kesehatan kulit.

Antioksidan seperti vitamin C yang ditemukan dalam buah delima bekerja mengurangi kerusakan sel dalam tubuh. Senyawa penting lainnya termasuk tanin, ellagitanin, dan anthocyanin.

Berikut manfaat buah delima untuk kesehatan kulit.

 

1. Sebagai Anti-penuaan

Dalam percobaan yang dilakukan pada kulit tikus, terlihat bahwa antioksidan membantu mengurangi timbulnya bintik-bintik penuaan dan kerutan, meskipun tidak mencegahnya sepenuhnya. Saat ini sedang dilakukan penelitian pada manusia.

Efek tersebut diperkirakan dicapai melalui peningkatan regenerasi sel, yaitu kemampuan kulit untuk menyingkirkan sel-sel kulit tua di permukaan sehingga dapat meremajakan kulit.

2. Anti-peradangan

Berkurangnya kerusakan sel akibat radikal bebas juga dapat menyebabkan berkurangnya peradangan pada kulit. Dengan demikian, antioksidan mungkin dapat mengurangi gejala kondisi kulit inflamasi tertentu seperti jerawat dan eksim.

3. Manfaat Antimikroba

Buah delima diduga mengandung antimikroba alami dari vitamin C, yang dapat membantu melawan bakteri dan jamur di kulit. Manfaat tersebut dapat membantu mengobati bakteri P. acnes, yang mungkin menjadi awal munculnya jerawat.

4. Perlindungan dari Sinar UV

Antioksidan dalam buah delima juga dianggap membantu memberikan perlindungan alami terhadap sinar ultraviolet (UV). Namun, perlindungan seperti itu tidak berarti untuk melewatkan tabir penggunaan surya setiap hari.

5. Pengelupasan Alami

Pengelupasan kulit secara teratur membantu menyingkirkan sel-sel kulit mati, yang mengurangi tanda-tanda jerawat dan penuaan kulit. Diperkirakan bahwa manfaat ini dapat dirasakan dengan penggunaan biji buah delima yang sedikit dihancurkan.

Delima hanyalah salah satu jenis sumber makanan kaya antioksidan yang penuh manfaat. Makan buah dan biji delima lebih baik daripada minum jus olahan. Hal tersebut dikarenakan jus olahan biasanya sudah ditambah gula dan bahan lainnya.

Baca Juga: Intip 5 Manfaat Buah Delima untuk Kesehatan Kulit
Khasiat Buah Kelengkeng, Atasi Insomnia Hingga Tingkatkan Libido

Selain itu, tidak berarti bahwa makan beberapa buah delima sehari akan menjadi tiket utama untuk mendapatkan kulit yang sehat.

Lebih penting untuk memasukkan berbagai makanan kaya antioksidan dalam menu makanan. Masih bisa memasukkan buah delima, tetapi menu makanan untuk kulit yang sehat tentu saja tidak terbatas pada buah delima.

Video Terkait