5 Minyak Esensial untuk Menumbuhkan Rambut

Ilustrasi minyak esensial. (Foto: Unsplash)

Editor: Putri - Jumat, 15 April 2022 | 20:40 WIB

Sariagri - Minyak esensial adalah hasil ekstraksi tanaman melalui metode seperti distilasi atau penguapan. Minyak esensial paling terkenal karena kemampuan aromatiknya dan mengandung sifat kimia kuat yang dapat bermanfaat bagi kesehatan.

Salah satu manfaat yang dimiliki beberapa minyak esensial adalah meningkatkan kesehatan rambut. Minyak yang berbeda dapat melakukan segalanya mulai dari membantu rambut tumbuh hingga menambah kekuatan dan kilau.

Mengutip Healthline, berikut minyak esensial tanaman yang dapat menumbuhkan rambut.


1. Lavender

Minyak lavender dapat mempercepat pertumbuhan rambut. Minyak lavender memiliki sifat yang dapat menghasilkan pertumbuhan sel dan mengurangi stres.

Peneliti pada salah satu penelitian pada hewan menemukan bahwa minyak ini mampu menghasilkan pertumbuhan rambut lebih cepat pada tikus.

Minyak ini juga memiliki sifat antimikroba dan antibakteri, yang dapat meningkatkan kesehatan kulit kepala. Campurkan beberapa tetes minyak lavender ke dalam 3 sendok makan minyak pembawa, seperti minyak zaitun atau minyak kelapa.

Oleskan langsung ke kulit kepala dan biarkan selama setidaknya 10 menit sebelum keramas seperti biasa. Kamu dapat melakukan ini beberapa kali per minggu.

2. Minyak Peppermint

Minyak esensial peppermint dapat menyebabkan rasa dingin dan kesemutan saat meningkatkan sirkulasi ke area yang dioleskan. Minyak ini dapat membantu meningkatkan pertumbuhan rambut selama fase anagen.

Satu studi menemukan bahwa minyak peppermint, ketika digunakan pada tikus, meningkatkan jumlah folikel, kedalaman folikel, dan pertumbuhan rambut secara keseluruhan.

Campurkan 2 tetes minyak esensial peppermint dengan minyak pembawa pilihan. Pijat ke kulit kepala dan biarkan selama 5 menit sebelum dicuci bersih dengan sampo dan kondisioner.

3. Minyak Esensial Rosemary

Jika ingin meningkatkan ketebalan dan pertumbuhan rambut, minyak rosemary adalah pilihan yang tepat berkat kemampuannya untuk meningkatkan pembentukan sel.

Menurut satu studi, minyak rosemary bekerja sama baiknya dengan minoxidil, perawatan pertumbuhan rambut yang umum, tetapi dengan sedikit rasa gatal di kulit kepala sebagai efek samping.

Campurkan beberapa tetes minyak rosemary dengan minyak zaitun atau kelapa. Oleskan ke kulit kepala dan biarkan selama setidaknya 10 menit sebelum mencucinya dengan sampo.

4. Minyak Esensial Cedar

Minyak esensial cedar dianggap meningkatkan pertumbuhan rambut dan mengurangi kerontokan rambut dengan menyeimbangkan kelenjar penghasil minyak di kulit kepala.

Minyak ini juga memiliki sifat antijamur dan antibakteri, yang dapat mengobati penyebab ketombe atau rambut rontok.

Termasuk dalam campuran dengan lavender dan rosemary, ekstrak kayu cedar juga dapat mengurangi kerontokan rambut pada mereka yang menderita alopecia areata.

Campurkan beberapa tetes minyak esensial cedar dengan 2 sendok makan minyak pembawa. Pijat ke kulit kepala dan biarkan selama 10 menit sebelum mencucinya.

5. Minyak Esensial Serai

Ketombe bisa menjadi penyakit umum dan memiliki kulit kepala yang sehat dan bebas serpihan adalah bagian penting dari kesehatan rambut.

Baca Juga: 5 Minyak Esensial untuk Menumbuhkan Rambut
Pembentukan Varietas Unggul Diperlukan untuk Kurangi Impor Benih Mawar

Minyak esensial serai adalah pengobatan ketombe yang efektif, dengan satu studi pada 2015 menemukan bahwa minyak serai secara signifikan mengurangi ketombe setelah satu minggu.

Selain itu, minyak serai untuk ketombe paling efektif bila digunakan setiap hari. Campurkan beberapa tetes ke dalam sampo atau kondisioner setiap hari, pijat kulit kepala.

Video Terkait