Ketahui Manfaat Timun Suri, Buah Menyegarkan yang Baik untuk Tubuh

Ilustrasi timun suri (Istimewa)

Editor: Tanti Malasari - Senin, 18 April 2022 | 16:45 WIB

Sariagri - Buah timun suri sangat identik dengan bulan ramadan. Sebab saat bulan puasa tiba buah ini banyak dijual di pinggir-pinggir jalan. Selain rasanya yang lembut dan menyegarkan, manfaat timun suri sangat banyak bagi kesehatan tubuh.

Tak heran jika bulan Ramadan tiba, buah ini kerap dijajakan sebagai bahan pelengkap untuk membuat minuman segar untuk berbuka. Jika dilihat dari bentuk, timun suri memiliki bentuk seperti mentimun namun bentuk daun dan ukuran bijinya lebih menyerupai blewah ataupun melon.

Kandungan kalium timun suri bisa dibilang cukup tinggi. Inilah yang menjadi keunggulan buah ini dalam membantu untuk menjaga kesegaran dan kebugaran tubuh. Lantas apa saja manfaat timun suri lainnya, berikut ulasannya.

Kandungan dan manfaat timun suri untuk kesehatan

Menurut buku “Timun Suri dan Blewah” karya Drs. H. Hendro Sunarjono, dalam 100 gram timun suri mengandung:

- Air: 96,32 gram
- Protein: 1,26 gram
- Lemak: 0,04 gram
- Karbohidrat: 2,09 gram
- Serat: 0,89 gram
- Abu: 2,9 gram
- Kalsium: 768 mg
- Fosfor: 422 mg
- Kalium: 1.008 mg
- Vitamin C: 24,86 mg

Selain itu timun suri juga kaya akan kandungan air, fruktosa, mineral kalium, fosfor, vitamin A, vitamin C, serta serat. Semua kandungan yang dimilikinya, berperan penting dalam kesehatan tubuh, diantaranya adalah:

1. Mengobati asam urat

Manfaat timun suri pertama adalam mengobati asam urat. Asam urat yang berlebihan dalam darah akan membentuk kristal dan menumpuk di persendian sehingga terjadi penyakit gout atau arthritis. Untuk mengobatinya kamu bisa mengonsumsi timun suri sebab ia mampu melarutkan sisa-sisa metabolisme dalam tubuh.

2. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Timun suri mengandung vitamin yang cukup banyak. Seperti yang diketahui vitamin C memiliki peranan penting untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh sehingga tubuh tidak mudah terserang penyakit.

Asupan vitamin C yang cukup, juga berfungsi untuk mencegah rasa letih, lelah, dan lemas, serta membantu pembentukan tulang dan dentin karena dapat meningkatkan absorbsi dan metabolisme kalsium sehingga mencegah terjadinya osteoporosis.

3. Menjaga kesehatan tulang dan gigi

Manfaat timun suri lainnya adalah menjaga kesehatan tulang dan gigi. Kalsium dan fosfor dalam timun suri ternyata berperan penting dalam pembentukan tulang dan gigi. Kalsium juga berperan sebagai pengatur pembekuan darah.

Apabila seseorang mengalami luka, maka kalsium dalam darah akan memicu fosfolipid tromboplastin dari platelet darah sehingga menjadi fibrin. Namun jika kalsium dalam darah kurang, maka otot tidak dapat mengendur setelah kontraksi sehingga menjadi kaku.

4. Mengeluarkan racun dalam tubuh

Saat berbuka puasa mengonsumsi es timun suri memang sangat menyegarkan. Pasalnya dalam buah ini 90% nya terdiri dari air. Selain itu timun suri banyak mengandung vitamin dan mineral yang mampu mengikat racun yang ada dalam tubuh.

Oleh karena itu jika rutin mengkonsumsi timun suri, maka racun yang ada di dalam tubuh akan dibuang melalui urin. Singkatnya timun suri mampu mendetok racun dan membuat tubuh menjadi lebih sehat.

5. Membantu sistem pencernaan

Manfaat timun suri yang satu ini sudah tidak usah diragukan lagi. Pasalnya seperti yang telah disampaikan sebelumnya, timun suri kaya akan air dan serat. Hal ini sangat membantu sistem pencernaan menjadi lebih lancar.

6. Menurunkan kadar kolesterol

Tidak ada yang menyira, buah berkulit kuning ini ternyata cukup berjasa untuk menurunkan kadar kolesterol. Dalam buah timun suri terdapat kandungan saponin yang dapat menurunkan kolesterol dalam tubuh. Dengan begitu tubuh akan terhindar dari penyakit berbahaya seperti jantung dan juga stroke.

Baca Juga: Ketahui Manfaat Timun Suri, Buah Menyegarkan yang Baik untuk Tubuh
Tertarik Budidaya Timun Suri di Pekarangan Rumah? Berikut Tips Mudahnya

7. Menyehatkan mata

Manfaat selanjutnya adalah menyehatkan mata. Kandungan vitamin A, asam askorbat serta asam caffeic dalam timun suri juga mampu mengurangi tingkat retensi air sehingga bengkak di sekitar mata dapat berkurang.

8. Membantu perkembangan otak janin

Manfaat timun suri untuk ibu hamil yaitu membantu memenuhi nutrisi yang dibutuhkan untuk perkembangan otak janin. Hal ini berkat kandungan mangan yang ada di dalamnya. Selain itu timun suri juga kaya akan antioksidan, sehingga bisa mencegah penyakit berbahaya pada janin.

Video Terkait