Akibat Perubahan Iklim, 90 Persen Spesies Kaktus Bakal Punah Pada 2070

Ilustrasi kaktus. (pixabay)

Editor: Dera - Selasa, 19 April 2022 | 17:00 WIB

Sariagri - Tim peneliti di Inggris dan AS memprediksi 60 persen spesies kaktus akan punah akibat perubahan iklim yang kurang ramah selama beberapa dekade mendatang seiring pemanasan global.

Temuan yang diterbitkan di jurnal Nature Plants ini berbeda dengan asumsi para ilmuwan sebelumnya yang yakin bahwa tanaman gurun ikonik ini akan tumbuh subur di suhu yang semakin panas.

Para peneliti Inggris dan AS tersebut bahkan memperkirakan pada tahun 2070, hingga 90 persen spesies kaktus terancam punah karena perubahan iklim, hilangnya habitat dan penyebab stres lainnya. Angka ini tiga kali lipat dari persentase saat ini, demikian dikutip dari lifestyle.livemint.com.

Sekitar 1.500 spesies kaktus yang tersebar di seluruh Amerika hidup di iklim yang berbeda-beda, mulai dari gurun hingga pegunungan Andes yang tinggi, dari ekosistem kering hingga hutan tropis lembab. Hotspot keanekaragaman hayati yang kaya akan spesies kaktus dan jumlahnya termasuk di Meksiko tengah dan Hutan Atlantik Brasil, demikian hasil penelitian yang dilansir oleh AFP.

Para peneliti yang dipimpin oleh Michiel Pillet dari University of Arizona, memeriksa data lebih dari 400 spesies kaktus dan menjalankan model iklim yang memproyeksikan bagaimana tanaman ini akan berkembang di tengah perubahan iklim pada abad pertengahan dan seterusnya.

Hasil penelitian menemukan bahwa "secara keseluruhan, jumlah spesies kaktus yang berisiko punah meningkat tajam di masa depan, terutama di hotspot kaktus saat ini," kata para peneliti.

Saat ini, ancaman utama kaktus adalah perluasan pertanian, serta degradasi lahan, hilangnya keanekaragaman hayati dan pemanfaatan kaktus untuk berbagai penggunaan.

Bahkan tanpa perubahan iklim pun, kaktus sebenarnya adalah salah satu kelompok organisme yang paling terancam punah di planet ini dengan lebih dari 30 persen diklasifikasikan sebagai berisiko kepunahan, terang para penulis dalam laporannya. Namun pemanasan global akan menjadi ancaman tambahan yang signifikan.

Baca Juga: Akibat Perubahan Iklim, 90 Persen Spesies Kaktus Bakal Punah Pada 2070
Tips Menanam Kaktus Pinchusion di Rumah



"Hasil (penelitian) kami menunjukkan bahwa perubahan iklim akan menjadi pendorong utama risiko kepunahan kaktus, dengan 60 hingga 90 persen spesies dinilai terkena dampak negatif oleh pemanasan global," tulis para peneliti.

Dalam empat atau lima dekade mendatang, sekitar 25 persen spesies kaktus akan mengalami perubahan iklim baru lebih dari seperempat dari kemampuan mereka saat ini.

Perubahan iklim ancam kehidupan tanaman

Seperti diketahui, pemanasan global akan memberi dampak buruk pada ekosistem. Sebuah studi menunjukkan bahwa fotosintesis akan terganggu hanya dengan dua derajat Celcius pemanasan global.

Sementara studi pada Desember 2021 oleh University of California, menemukan bahwa beberapa spesies tanaman harus berjuang untuk mengimbangi perubahan iklim di daerah yang padat permukiman manusia.

Selain itu, musim dingin yang lebih hangat karena efek kenaikan suhu di seluruh dunia juga membantu patogen, hama, dan spesies invasif yang menimbulkan ancaman signifikan bagi vegetasi. Menurut penelitian yang didukung oleh FAO, perubahan iklim membuat hama tanaman yang merusak tanaman pertanian penting menjadi lebih destruktif.