Bisa Kendalikan Gula Darah, Ini Manfaat Mentimun bagi Penderita Diabetes

Ilustrasi mentimun. (pixabay)

Editor: Dera - Rabu, 20 April 2022 | 11:00 WIB

Mentimun adalah sayuran rendah kalori dan mengandung nutrisi tinggi. Selain itu, sayuran ini juga mengandung karbohidrat, serat, gula, protein, lemak, vitamin B, vitamin C, vitamin K, kalium, biotin, fosfor, dan magnesium.

Biasanya orang mengonsumsinya sebagai lalapan, dimasukkan ke dalam burger bersama daun selada dan tomat, isian sushi atau diolah sebagai acar. Tak hanya itu, es mentimun serut juga menjadi salah satu minuman favorit banyak orang karena sangat menyegarkan.

Sayuran dengan nama ilmiah Cucumis sativus merupakan bagian keluarga tumbuhan yang sama dengan labu dan melon. Keunggulan Cucumis sativus, yaitu merupakan sumber fitonutrien, yaitu bahan kimia tanaman yang baik dengan sifat protektif untuk pencegahan penyakit.

Sebuah penelitian seperti dilaporkan Healthline menyebutkan, bahwa manfaat mentimun dapat pencegahan dan pengobatan diabetes karena terbukti mampu menurunkan kadar gula darah dalam 30 menit.

Diabetes merupakan suatu kondisi seumur hidup yang ditandai dengan kadar gula darah yang tinggi. Ketika tubuh berhenti memproduksi insulin maka terjadi disfungsi kontrol gula darah (diabetes).

manfaat mentimun adalah salah satu makanan yang efektif mencegah dan mengobati diabetes. Penyebabnya karena mentimun membantu mengendalikan kadar gula darah dengan kandungan indeks glikemik (GI)-nya yang rendah, dilansir WebMD.

Diketahui bahwa GI mentimun yaitu 15, jauh di bawah semangka (72), pisang (52), apel (38), atau jeruk Bali (25). GI disebut rendah jika berada di bawah angka 55.

Dan tidak hanya mengurangi kadar gula darah, manfaat mentimun juga bisa menurunkan risiko hipoglikemia selama terjadinya penurunan gula darah.

Baca Juga: Bisa Kendalikan Gula Darah, Ini Manfaat Mentimun bagi Penderita Diabetes
6 Khasiat Labu Kuning yang Jarang Diketahui, Nomor 4 Bikin Takjub

Dengan kandungan karbohidrat yang rendah, mentimun pun bisa menjadi pilihan bijak bagi mereka yang memiliki kadar gula darah tinggi. Penderita diabetes bisa makan banyak mentimun tanpa perlu khawatir. Sehingga bisa dikatakan bahwa mentimun adalah makanan yang bermanfaat untuk diet penurun gula darah.

American Diabetes Association memasukkan mentimun sebagai sayuran non tepung. Dan berdasarkan penelitian Newcastle University tahun 2011, disebutkan bahwa diet rendah kalori menggunakan sayuran nontepung dapat terbukti efektif memperbaiki diabetes tipe 2.

Video Terkait