5 Rempah Ini Menjadi Kunci Awet Muda

Ilustrasi - Kayu manis.(Pixabay)

Editor: Putri - Kamis, 21 April 2022 | 18:35 WIB

Sariagri - Sedikit yang mengetahui bahwa rempah-rempah memiliki nutrisi yang dibutuhkan tubuh. Meskipun ukurannya kecil, rempah-rempah menyimpan banyak memiliki antioksidan dan zat sehat lainnya.

Setiap kali kamu membumbui makanan dengan bumbu atau rempah-rempah, kamu benar-benar "meningkatkan" nilai makanan tanpa menambahkan satu kalori pun.

Jika ingin menjalani gaya hidup sehat, kamu wajib menyimpan ramuan dan rempah-rempah berikut dan menggunakannya dengan murah hati dalam masakan.

Mengutip Women's Weekly, berikut rempah-rempah yang bermanfaat untuk menjaga kesehatan tubuh agar terus awet muda.


1. Basil

Beraroma luar biasa dan menyembuhkan pencernaan, basil mengandung flavonoid yang membantu melindungi struktur dan fungsi sel. Basil juga mengandung vitamin K yang dapat memperkuat tulang.

Rasanya lezat, basil kerap dicampurkan ke dalam pesto, salad, sup, tumis, atau diolah menjadi teh basil. Selain itu, minyak basil mudah menguap, jadi tambahkan ke makanan di akhir proses memasak.

2. Kayu Manis

Kayu manis dapat mengurangi kadar gula darah, bahkan ketika dimakan dengan makanan manis membantu menstabilkan lonjakan gula.

Selain itu, kayu manis juga mengandung anti-inflamasi, membunuh bakteri dan jamur sehingga sangat bagus untuk usus, dan mengurangi kolesterol.

3. Jinten

Jinten membantu detoksifikasi serta merangsang produksi enzim pankreas. Selain itu, jinten juga dapat melindungi tubuh manusia dari kanker.

Gunakan jinten sebagai biji atau rempah-rempah secara bebas dalam sup dan nasi dan hidangan kacang. Jinten juga baik menjadi campuran dalam roti, smoothie, dan kue wortel.

4. Jahe

Studi menemukan bahwa jahe membantu meringankan osteoarthritis, nyeri otot, dan gangguan muskuloskeletal serta menghentikan pertumbuhan tumor.

Rempah yang satu ini sangat serbaguna dalam makanan manis atau gurih bahkan bisa dicampur dalam smoothie. Rasanya juga enak dicampur dengan teh.

Baca Juga: 5 Rempah Ini Menjadi Kunci Awet Muda
Dikenal sebagai Makanan Penutup, Ini 5 Jenis Jeruk dari Indonesia

5. Peterseli

Sangat tinggi klorofil, vitamin C, asam folat, zat besi, dan mineral lainnya, peterseli dapat bertindak sebagai penolak radikal bebas. Rempah ini juga memiliki sifat anti-kanker dan efek penurun gula darah.

Peterseli dapat diolah seperti salad sayuran, menjadi campuran smoothie, atau menambahkannya ke sup, pesto, atau tumisan.

Video Terkait