Lupakan Racun dan Perangkap, 5 Tanaman Ini Dibenci Tikus

Ilustrasi tikus. (Pixabay)

Penulis: Gloria, Editor: Putri - Jumat, 22 April 2022 | 17:35 WIB

Sariagri - Mengusir tikus dengan perangkap dan racun dapat membahayakan hewan-hewan di sekitarnya. Tanaman menjadi cara alami untuk mengusir hewan pengerat yang satu ini ketika berkeliaran di dalam rumah.

Racun tikus memang ampuh untuk membunuh hama yang satu ini, tetapi membahayakan nyawa binatang di sekitarnya. Namun jangan khawatir, ternyata ada cara aman untuk mengusir tikus dari rumah. Salah satunya adalah dengan meletakkan tanaman yang dibenci tikus di area-area yang biasa dilewati tikus.

Melansir sejumlah sumber, berikut 5 tanaman yang sangat dibenci tikus.

1. Bawang Putih

Bawang putih termasuk tanaman yang dibenci oleh tikus. Menanam bawang putih di pekarangan atau pot-pot kecil akan membawa keuntungan untuk mengusir tikus.

Alasan tikus tidak menyukainya karena kandungan senyawa sulfur pada bawang putih yang menyebabkan bau tajam.

2. Peppermint

Peppermint merupakan tanaman yang dibenci oleh tikus. Aroma dari daun ini akan menusuk hidung dan mencederai penciumannya. Untuk itu, mengusir tikus cukup dengan menanam peppermint di pekarangan rumah atau meletakkan dalam pot dan menaruhnya di sudut rumah.

3. Oregano

Oregano efektif mengusir tikus dan hewan pengerat lainnya. Kamu dapat menaburkan rempah-rempah ini area yang biasa dilewati tikus, tanaman, ceruk pintu dan di celah-celah di sekitar rumah.

Rempah ini memiliki bau yang kuat dan batas yang dibuat oleh tumbuhan ini akan melindungi area tersebut dari hewan pengerat. Oregano juga diketahui dapat merusak penciuman tikus. 

Baca Juga: Lupakan Racun dan Perangkap, 5 Tanaman Ini Dibenci Tikus
Terobosan untuk Kurangi Penggunaan Pestisida, Tumbuhan Hasil Rekayasa Genetika Ini Mampu Basmi Hama

4. Catnip

Catnip merupakan tanaman yang dibenci tikus walaupun disukai kucing. Menanam catnip dan menaruhnya di tempat strategis akan mencegah tikus berkeliaran. Alasan tikus membencinya karena aroma yang menyengat.

5. Lavender dan Daffodil

Bunga daffodil dan lavender masuk sebagai tanaman yang dibenci oleh tikus. Alasan pun sama dengan tanaman lainnya, tikus tidak menyukai aromanya yang menyengat.

Video Terkait