Catat! Ini Dia 6 Tanaman Sakti yang Ampuh Tolak Sihir dan Santet

Ilustrasi daun bidara. (foter)

Editor: Tanti Malasari - Jumat, 22 April 2022 | 12:20 WIB

Sariagri - Kehadiran tanaman tidak hanya digunakan untuk mempercantik halaman rumah dan pengobatan saja, tetapi kenyataannya juga bisa dimanfaatkan untuk menangkal sihir dan santet.

Penasaran jenis tanaman apa saja yang sakti tersebut, berikut penjelasan lengkapnya yang telah dilansir dari laman Magenta Islam pada 22 April 2022.

6 jenis tanaman sakti yang ampuh tolak sihir dan santet

Umumnya beberapa tanaman ini banyak dijumpai di wilayah Indonesia untuk dimanfaatkan sebagai kebutuhan pengobatan.

Namun ternyata Allah memberi manfaat lain bagi tanaman ini. Beberapa tanaman sakti ini diantaranya adalah:

1. Kurma Ajwa

Kurma ajwa dikenal sebagai buah Nabi, sebab Nabi Muhammad SAW sangat menggemari buah ini. Selain rasanya yang enak, buah ini ternyata sangat ditakuti setan serta jin.

Hal ini sebagaimana dalam Shahih Al-Bukhari serta Shahih Muslim, diriwayatkan hadis dari Teman Sa’ angkatan darat (AD) bin Abi Waqqash, dari Nabi Shallallahu‘ alaihi wa sallam, kalau dia sempat bersabda:

“Barangsiapa komsumsi 7 butir Kurma Ajwa pada pagi hari, hingga pada hari itu dia tidak hendak terserang toksin ataupun sihir” ( HR Al- Bukhari nomor. 5769 serta Muslim nomor. 2047)

Lalu apa yang menyebabkan buah nabi ini bisa ampuh menangkal sihir? Mengutip perkataan imam Al-Khotobi tentang keistimewaan kurma ajwa, Al-Hafiz Ibnu Hajar angkatan laut (AL) Asqolani mengatakan:

“Kurma Ajwa berguna buat menghindari toksin serta sihir disebabkan doa keberkahan dari Rasulullah SAW terhadap Kurma madinah bukan sebab zat kurma itu sendiri” (Fathul bari syarah al-bukhari oleh Angkatan laut (AL) Hafizh Ibnu Hajar Al-Asqolany X/239).

2. Daun Bidara

Mungkin kamu pernah mendengar nama tanaman ini. Ya tanaman bidara sering ditemukan di pekarangan rumah-rumah. Pasalnya tanaman ini juga bisa dijadikan sebagai tanaman hias.

Tanaman ini berasal dari kata sidrah yang maksudnya tumbuhan bidara. Daun yang punya nama latin Ziziphus mauritiana ini, merupakan sejenis tumbuhan kecil penghasil buah yang berkembang di wilayah kering ataupun gurun.

Daun ini juga punya kaitan erat dengan ekspedisi Isra Mi’ raj Nabi Muhammad SAW. Lantas kenapa daun bidara bisa menyembuhkan ilmu sihir?

Menjawab perihal itu Ibnu Katsir menafsirkan Pesan Angkatan laut (AL) Baqarah ayat 102 yang berkaitan fitnah syaitan terhadap Nabi Sulaiman, kalau dia memakai sihir bukan mukjizat serta meriwayatkan kalau yang sangat berguna buat melenyapkan pengaruh sihir merupakan dengan memakai apa yang diturunkan Allah SWT kepada Rasulnya.

Dimana, buat menghiklangkan perihal itu dengan membaca Al- Muawwidzatain ialah 2 pesan pelindung ( Al-falaq serta An Naas) dan ayat sofa sebab ayat ayat ini bisa mengusir setan.

Lantas bagimana caranya menyembuhkan sihir dengan menggunakan daun bidara tersebut? Imam Angkatan laut (AL) Qurtubi dari wahab yang berkata kalau sebaiknya diambil 7 helai daun bidara ditumbuk halus kemudian dicampurkan air setelah itu dibacakan ayat sofa. Kemudian diminum kepada orang yang terserang sihir 3x teguk serta sisa airnya digunakan buat mandi.

Dengan demikian atas izin Allah, hendak lenyap dampak dari ilmu sihirnya serta diutamakan buat membaca Al-Falaq, Annas dan ayat sofa sebab ayat ayat tersebut bisa mengusr setan (tafsir ibnu katsir jilid 1 terjemahan pendek taman 171).

3. Minyak Zaitun

Minyak zaitun adalah minyak essensial yang kaya manfaat. Ia merupakan minyak yang keluar dari tumbuhan yang barokah. Tidak hanya untuk kesehatan, minyak zaitun juga bisa menangkal ilmu sihir, sebagaimana Nabi bersabda:

“Makanlah minyak zaitun! Sebetulnya dia diberkahi, berlauklah dengannya serta berminyaklah dengannya! Sebetulnya dia keluar dari tumbuhan yang diberkahi” ( HR. Ahmad serta Tirmidzi, dishaihkan oleh Syaijh Albani dalam silsilah nomor 379).

Dalam hadis ini menarangkan kalau minyak zaitun bisa digunakan buat mengolesi bagian badan yang diperlukan pada orang yang terserang sihir.

4. Bambu Kuning

Tidak seperti tumbuhan bambu pada umumnya, bambu kuning memiliki warna kuning dan bentuk batang tumbuhan yang lebih kecil. Tanaman ini sering digunakan buat membuat pagar di pekarangan rumah.

Selain bermanfaat untuk pagar rumah, bambu kuning ternyata juga ampuh untuk menangkal serta mengusir setan dan ilmu sihir. Ia juga diyakini dapat menghindari hasrat jahat seorang yang hendak mencuri ataupun merampok.

5. Mawar Merah

Bunga mawar adalah salah satu tanaman hias yang banyak dipelihara. Selain cantik menawan dan jadi lambang cinta, bunga mawar ternyata juga dikaruniani Allah mempunyai manfaat menangkap tenaga negatif yang dikirim ke rumah kamu.

Baca Juga: Catat! Ini Dia 6 Tanaman Sakti yang Ampuh Tolak Sihir dan Santet
Faktor Penting yang Harus Dilakukan dalam Merawat Bunga Mawar

Tenaga ini setelah itu hendak disalurkan oleh tumbuhan mengarah tanah. Sehingga tak heran jika bunga ini dipercaya bisa mencegah ilmu sihir dan santet yang ada pada seseorang.

6. Kaktus

Kaktus adalah tanaman berduri yang banyak tumbuh dan berkembang di daerah kering seperti gurun. Selain sangat mudah dirawat tanaman kaktus juga punya manfaat yang sama seperti bunga mawar.

Sebab kaktus dipercaya mampu menetralisir serbuan santet serta menarik tenaga rejeki.