5 Manfaat Kiwi untuk Kulit, Hilangkan Jerawat hingga Tutup Pori-pori

Fakta Menarik Buah Kiwi

Editor: Putri - Jumat, 22 April 2022 | 20:10 WIB

Sariagri - Kiwi adalah sumber vitamin A, C dan E. Faktanya, vitamin C dalam kiwi penting dalam pembentukan kolagen yang membantu meningkatkan elastisitas kulit dan juga memperkuat jaringan dan persendian.

Nutrisi lain yang ditemukan dalam kiwi adalah kandungan asam lemak omega 3 yang tinggi. Kandungan ini berkontribusi untuk membuat kulit lembut dan kenyal. Buah kiwi juga mengandung protein, sodium, gula, kalsium, dan zat besi.

Secara keseluruhan, nilai gizi kiwi membantu melindungi kulit dari berbagai penyerang eksternal. Kiwi juga membantu meningkatkan kulit lebih glowing dan sehat.

Mengutip Be Beautiful, berikut manfaat kiwi untuk kulit.

1. Mencegah Degenerasi Kulit

Degenerasi kulit adalah salah satu masalah serius yang mungkin sering terjadi karena paparan sinar matahari yang berlebihan. Jika kamu termasuk orang yang harus berada di bawah sinar matahari dalam waktu lama, biasakan untuk mengonsumsi kiwi.

Vitamin yang ada dalam kiwi adalah antioksidan yang melawan efek radikal bebas. Makan kiwi membantu melindungi dari radikal bebas ini dan juga membuat kulit lebih baik.

2. Mencerahkan Kulit

Polusi, stres dan faktor lainnya membuat kulit kusam. Konsumsi buah-buahan dan sayuran segar membantu kamu mendapatkan kembali kesegaran kulit. Buah kiwi dapat membantu kamu akan masalah ini.

Tentu saja, masker lemon dan masker mentimun lebih populer untuk mencerahkan kulit, tetapi masker kiwi juga merupakan pilihan yang bagus. Kiwi kaya akan vitamin E yang membantu mencerahkan kulit kusam.

Kiwi juga memiliki antioksidan yang membantu mencegah penumpukan sel kulit mati. Buah ini juga merangsang kulit dan meningkatkan generasi sel baru di kulit. Vitamin C pada buah ini membantu pembentukan kolagen yang memastikan kulit lebih muda dan kenyal.

3. Mengecilkan Pori-pori

Tidak ada yang suka pori-pori pada kulit. Bukan hanya terlihat aneh dan membuat kulit tampak kusam, tetapi juga dapat menarik kotoran yang mana membuat kulit terlihat semakin tidak sehat.

Untuk mengecilkan pori-pori, gunakan air hangat untuk membersihkan wajah terlebih dahulu dengan baik. Hancurkan kiwi dalam blender lalu oleskan pada wajah. Biarkan selama sekitar 20 menit dan kemudian bilas.

Cara ini akan menutup pori-pori dan mengencangkan kulit, sekaligus mengunci nutrisi kiwi. Lakukan secara rutin pada malam hari.

4. Melembabkan Kulit

Jika kamu memiliki kulit kusam dan kasar, kiwi dapat membantu menghilangkan keluhan tersebut. Vitamin E dan antioksidan yang ada dalam buah memastikan bahwa kulit mendapat nutrisi dan hidrasi yang cukup untuk mengatasi kekeringan tersebut. Juga, asam lemak omega-3 membantu membuat kulit lembut dan kenyal.

Campur buah kiwi dengan minyak zaitun, hancurkan dan kemudian oleskan secara merata ke wajah dan leher. Biarkan selama setengah jam dan kemudian bilas. Terapkan ini setiap malam sebelum tidur untuk hasil terbaik.

5. Menghilangkan Jerawat

Kulitmu berjerawat? Manfaat buah kiwi untuk kulit juga memastikan bahwa kulit bersih dari segala jerawat yang ada. Cara terbaik menggunakan kiwi untuk mengobati jerawat adalah dengan mencampurkan kiwi dengan beberapa bahan efektif lainnya.

Baca Juga: 5 Manfaat Kiwi untuk Kulit, Hilangkan Jerawat hingga Tutup Pori-pori
Intip Yuk! Nutrisi yang Terkandung dalam Buah Berdasarkan Warnanya

Ambil satu kiwi tumbuk dan tambahkan satu sendok air lemon ke dalamnya. Oleskan pada wajah yang telah dibersihkan, tetapi hanya pada area yang terkena jerawat.

Biarkan mengering selama sekitar setengah jam sebelum membilasnya dengan air hangat. Lakukan selama tiga hari dan kamu akan melihat perbedaannya. Jerawat akan terlihat berkurang dan bekasnya akan memudar.

Video Terkait