Kaya Manfaat Bagi Kesehatan, Jangan Buang Lagi Kulit Semangka

Ilustrasi Semangka (Pixabay)

Penulis: Triana, Editor: Arif Sodhiq - Minggu, 24 April 2022 | 12:30 WIB

Sariagri - Umumnya orang hanya memakan daging buah semangka, sedangkan kulitnya langsung dibuang begitu saja sebagai limbah. Padahal kulit semangka mengandung nutrisi penting yang baik bagi kesehatan.

Kulit semangka memiliki tekstur lebih keras dan tidak terlalu berair dibanding daging buahnya. Ternyata kulit semangka memiliki kalori rendah dengan kandungan tinggi Vitamin A, Vitamin C, kalium, Vitamin B6 dan seng.

Selain itu dikutip dari Health Benefits Times, kulit semangka sarat dengan citrulline, klorofil, asam amino, likopen, senyawa fenolik dan flavonoid. 

Berikut ini manfaat kulit semangka bagi kesehatan: 

1. Menambah stamina

Citrulline yang terkandung dalam kulit semangka dipercaya mampu menambah stamina sehingga lebih kuat dalam beraktivitas. Citrulline bekerja dengan merangsang pembesaran pembuluh darah. Dimana kelancaran peredaran darah dapat ditingkatkan. Begitu pun dengan oksigen yang beredar menuju ke seluruh tubuh.

2. Memelihara kesehatan kulit

Kulit semangka bisa dijadikan antioksidan yang baik berkat kombinasi vitamin C dan likopen sehingga dapat melindungi kulit dari radikal bebas, seperti sinar ultraviolet. Salin itu, juga akan terhindar dari gejala penuaan dini seperti kusam, garis-garis halus, keriput dan bintik hitam.

3. Memperkuat sistem imun

Vitamin C yang terkandung pada kulit semangka dapat melindungi tubuh dari bermacam virus dan infeksi bakteri. Hal ini akan membuat tubuh tidak mudah sakit.

Tak hanya itu, vitamin C pada kulit semangka juga berperan sebagai antioksidan yang mampu melawan radikal bebas penyebab berbagai macam penyakit kronis, seperti kanker dan kardiovaskuler.

Baca Juga: Kaya Manfaat Bagi Kesehatan, Jangan Buang Lagi Kulit Semangka
Ketahui Manfaat Berenuk, Buah yang Dianggap Ajaib Oleh Orang Filipina

4. Menurunkan tekanan darah

Kandungan citrulline pada kulit semangka memberikan manfaat baik seperti daging buahnya. Senyawa ini diyakini membantu menurunkan tekanan darah, terlebih pada penderita hipertensi. Kulit semangka juga bersifat diuretik yang berarti tepat untuk menurunkan tekanan darah.

5. Baik untuk pencernaan

Kulit semangka mengandung serat sama seperti daging buahnya. Serat ini baik untuk mencegah dan mengatasi masalah pencernaan. Dengan mengkonsumsinya akan terhindar dari diare, sembelit (susah buang air besar), hingga kanker usus.

Video Terkait