3 Tanaman Herbal yang Diklaim Bisa Turunkan Darah Tinggi

Ilustrasi tanaman kumis kucing. (wikimedia.commons)

Editor: Dera - Senin, 25 April 2022 | 19:10 WIB

Sariagri - Tekanan darah tinggi umum dialami oleh usia lanjut. Penderita penyakit darah tinggi sangat dianjurkan untuk rutin mengonsumsi obat dari dokter. Namun jika kamu ingin mencoba obat herbal yang alami, kamu bisa mencoba beberapa tanaman obat.

Mengonsumsi tanaman herbal bisa menjadi pendukung atau alternatif pengobatan selain konsumsi obat dokter. Sebab penyakit darah tinggi cukup berbahaya dan dapat menimbulkan berbagai penyakit serius hingga komplikasi.

Berikut tanaman herbal yang membantu menurunkan tekanan darah tinggi.

Kumis kucing

Tanaman kumis kucing bisa dijadikan sebagai obat herbal untuk menurunkan tekanan darah tinggi. Tanaman ini bisa dijadikan sebagai obat herbal yang membantu mengontrol tekanan darah. Biasanya tanaman kumis kucing dimanfaatkan sebagai diuretik dan meluruhkan batu ginjal.

Secara alami tanaman kumis kucing memiliki efek diuretik yang mengandung kalium berada pada bagian daunnya. Tanaman ini juga mengandung inositol serta flavonoid yang membantu efek diuretik.

Daun seledri

Selanjutnya ada seledri yang dimanfaatkan sebagai obat alami untuk menurunkan tekanan darah tinggi. Sering digunakan sebagai pelengkap hidangan, banyak yang tak menyangka bahwa seledri mampu menjadi obat penurun tekanan darah.

Daun seledri mengandung Apigenin yang berfungsi sebagai beta bloker, yang berguna untuk memperlambat detak jantung dan menurunkan aliran darah yang terpompa dan tekanan darah akan berkurang.

Daun basil

Daun basil merupakan salah satu daun yang digunakan sebagai pelengkap makanan, daun ini memiliki aroma seperti daun kemangi. Tak hanya sekadar membuat makanan lebih sehat, daun basil juga mampu menurunkan tekanan darah.

Baca Juga: 3 Tanaman Herbal yang Diklaim Bisa Turunkan Darah Tinggi
Mengenal Kulit Kina, Herbal Ajaib Pencegah Malaria

Kandungan kimia eugenol yang ada pada daun basil mampu menghalangi zat yang membuat pembuluh darah tersumbat. Meski perlu beberapa penelitian lagi, tidak ada salahnya untuk kamu mencoba mengonsumsi daun basil untuk sebagai pelengkap makanan.

Namun perlu diingat yah Sobat Agri, setiap orang memiliki reaksi tubuh berbeda-beda. Jika kamu mempunyai riwayat penyakit lain atau alergi alangkah baiknya untuk berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter yah. 

Video Terkait