Tanaman ini Ditemukan Kembali Setelah Dinyatakan Punah 40 Tahun Lalu

Gasteranthus extinctus. (Wikipedia)

Editor: M Kautsar - Senin, 25 April 2022 | 19:40 WIB

Sariagri - Dapatkah suatu spesies tumbuhan kembali setelah punah atau dianggap punah? Jawabannya ya. Seolah sebagai hadiah alam yang sejati, suatu tanaman berbunga yang sudah dinyatakan punah 40 tahun lalu, ternyata ditemukan hidup kembali. Bunga liar dari Amerika Selatan ini memiliki nama Gasteranthus extinctus.

Tanaman berbunga tersebut diberi nama 'extinctus' karena memang sudah dianggap punah, namun tim ilmuwan di Ekuador telah menemukan tanaman itu kembali pada November 2021, dan baru dirilis melalui sebuah makalah pada tahun ini. Tanaman dengan kelopak bunga berwarna oranye itu ditemukan ketika tim ilmuwan mengunjungi Centinela Ridge, yakni kawasan puncak punggung perbukitan di sisi Pasifik, Pegunungan Andes di Ekuador.  

"Penemuan kembali bunga ini menunjukkan bahwa belum terlambat untuk membalikkan skenario keanekaragaman hayati terburuk sekalipun, dan ini menunjukkan bahwa ada nilai dalam melestarikan alam bahkan area terkecil dan terdegradasi sekalipun," kata Dawson White, peneliti postdoctoral, Chicago's Field Museum and co. yang menulis makalah tentang Gasteranthus extinctus.

Baca Juga: Tanaman ini Ditemukan Kembali Setelah Dinyatakan Punah 40 Tahun Lalu
7 Tanaman Obat di Kalimantan, Salah Satunya untuk Obat Kuat



"Ini adalah bukti penting bahwa belum terlambat untuk mengeksplorasi dan menginventarisasi tumbuhan dan hewan di hutan yang rusak parah di Ekuador barat," tambah White.

Laporan penemuan tersebut telah dipublikasikan di jurnal jurnal akses terbuka PhytoKeys. Makalah tersebut dapat diakses secara daring dengan judul: 'Rediscovery of Gasteranthus extinctus L.E.Skog & L.P.Kvist (Gesneriaceae) at multiple sites in western Ecuador.'

Video Terkait