Simak Cara Budidaya Kacang Tanah Berikut Ini, Dijamin Mudah!

Ilustrasi kacang tanah. (Pixabay)

Penulis: Gloria, Editor: Putri - Rabu, 27 April 2022 | 19:20 WIB

Sariagri - Kacang tanah biasanya dijadikan sebagai bumbu seperti karedok, gado-gado, ketoprak dan lainnya. Namun tahukah kamu bahwa kacang tanah dapat dibudidayakan untuk kebutuhan pribadi? 

Tanaman kacang tanah berasal dari Amerika, dengan bahasa latin Arachis Hypogaea. Tanaman ini membutuhkan waktu kisaran 100-130 hari hingga panen tiba.

Melansir situs Kecamatan Padureso Kabupaten Kebumen, untuk melancarkan budidaya kacang tanah, tanahnya harus diolah kembali supaya selalu gembur, kelembaban cukup dan peredaran udaranya baik.

Cara penanamannya, pertama adalah tanam benih kacang dengan jarak tanam 40x1 cm atau 30x20 cm di tanah subur. Untuk tanah kurang subur sebaiknya tanam lebih rapat dengan jarak tanam 40x10 cm atau 20x20 cm.

Lubang tanam yang dibutuhkan sedalam 3 cm dengan cara ditugal. Setiap lubang diisi dengan kacang tanah 1-2 biji lalu tutup dengan tanah halus.

Baca Juga: Simak Cara Budidaya Kacang Tanah Berikut Ini, Dijamin Mudah!
Ragam Manfaat Belimbing, Ini 5 Cara Membudidayakannya

Untuk memeliharanya, kacang tanah membutuhkan banyak air supaya mendapatkan lingkungan yang lembab. Selain air, jangan lupa untuk rutin membersihkan tanaman pengganggu. Kacang tanah sangat sensitif terhadap persaingan.

Selain itu, jangan lupa untuk memberikan pupuk. Untuk kacang tanah, pupuk yang banyak dipakai adalah pupuk Nitrogen (N), Fosfat (P) dan Kalium (K). Kacang tanah akan panen dalam waktu 100-130 hari. 

Video Terkait