Mengenal Pepaya Merah Delima, Salah Satu Buah Tropis yang Populer

Ilustrasi Pepaya Merah Delima (Istimewa)

Penulis: Triana, Editor: Putri - Senin, 9 Mei 2022 | 20:20 WIB

Sariagri - Pepaya merupakan salah satu buah tropis yang populer di Indonesia. Ada beragam jenis pepaya yang ada saat ini, salah satunya pepaya merah delima.

Pepaya merah delima diketahui adalah hasil dari Tim peneliti Balai Penelitian Tanaman Buah Tropika Kementerian Pertanian (Kementan)

Pepaya jenis ini sekarang menjadi buah yang populer dan memiliki peluang bisnis yang bagus. Hal tersebut dikarenakan buah ini memiliki banyak keunggulan. Buahnya tidak terlalu besar sehingga praktis saat dikonsumsi.

Dilihat dari rupanya, pepaya merah delima mempunyai karakter hampir mirip dengan pepaya California. Perbedaanya bisa kamu perhatikan pada punggung buah dan rongga tengahnya.

Kalau pada buah pepaya California punggung buahnya lurus dan rata, sedangkan pepaya merah delima punggung buahnya bergelombang. Selain itu, rongga tengah pepaya California tidak teratur, sementara pepaya merah delima punya bentuk seperti bintang sudut lima.

Selain itu, berat buah pepaya merah delima antara 0,8 sampai 2 kilogram per buahnya, serta memiliki kulit tebal serta agak lonjong. Pepaya ini saat matang cenderung berwarna kuning dengan rasa yang manis, tekstur yang kenyal dan daging yang tebal.

Tak hanya itu, buah pepaya merah delima juga memiliki ciri batang yang dekat dengan tanah alias pendek sehingga memudahkan saat dipanen.

Varietas pepaya ini dapat dipanen pada umur 7 sampai 8 bulan setelah tanam dan umur produktifnya dapat mencapai 2 hingga 3 tahun.

Baca Juga: Mengenal Pepaya Merah Delima, Salah Satu Buah Tropis yang Populer
Buah Mundar Khas Kalimantan Selatan Mulai Langka, Berkhasiat sebagai Pengobatan dan Kosmetik

Rata-rata jumlah buah tiap pohon selama empat bulan dapat mencapai 80 buah. Hasil panen selama empat bulan bisa mencapai 90 ton per hectare dengan jumlah populasi 1200 tanaman per hektar.

Kebutuhan sinar matahari juga harus banyak karena dengan banyaknya sinar matahari akan cepat berbunga dan berbuah. Buah lebih cepat masak dan manis.

Video Terkait