Hanya Gunakan Tanaman Rempah Ini Selamat Tinggal Sinusitis

Ilustrasi Kunyit Putih (Istimewa)

Penulis: Triana, Editor: Tatang Adhiwidharta - Jumat, 6 Mei 2022 | 12:50 WIB

Sariagri - Penyakit sinusitis biasanya muncul karena flu yang terus menerus menyerang hingga menimbulkan sakit pada bagian dahi.

Apabila ada penderita yang mengalami sinusitis akut, kadang harus melarikan diri ke rumah sakit terdekat untuk mendapat penanganan terapi pengasapan dan pemanasan pada saluran napas untuk mengencerkan lendir. Namun, kadang penanganan itu hanya memberi efek lega untuk sementara.

Sinusitis adalah kondisi pembengkakan jaringan yang melapisi sinus. Kondisi sinus yang sehat seharusnya dipenuhi dengan udara. Namun, saat sinus tersumbat oleh cairan, maka akan ditumbuhi kuman yang akhirnya menyebabkan infeksi. Infeksi ini bisa menyebabkan penyumbatan dan rasa tidak nyaman.

Ada berbagai cara untuk meredakan sinusitis, baik secara alami atau medis. Salah satu cara alami adalah dengan memanfaatkan kunyit putih yang direbus bersama daun sendok dan daun sambiloto

Ramuan ini sudah dipercaya secara turun temurun ampuh melawan penyakit sinusitis. Penelitian yang dilakukan oleh University of California menyatakan bahwa kunyit putih mengandung antibiotik dan antivirus yang baik bagi kesehatan tubuh.

Dosis yang diperlukan yaitu 20 gram kunyit putih, 20 gram daun sendok, dan 10 gram daun sambiloto. Ketiga bahan itu direbus dengan 5 gelas air putih hingga tersisa 3 gelas. Air rebusan itu diminum dua kali sehari pada pagi dan sore hari.

Baca Juga: Hanya Gunakan Tanaman Rempah Ini Selamat Tinggal Sinusitis
Ini Manfaat Habbatussauda untuk Anak-anak

Kunyit putih berfungsi sebagai anti radang, daun sendok melancarkan lendir yang tersumbat, sedangkan sambiloto berfungsi sebagai antibiotik alami.

Setelah mengkonsumsi air rebusan tersebut secara rutin selama 5 hari penyakit sinusitis akan hilang. Selain itu, kini sudah ada yangmeraciknya menjadi kapsul herbal yang terdiri atas ekstrak ketiga bahan herbal alami tersebut yang dapat pula digunakan untuk menyembuhkan sinusitis.

Video Terkait