Bisa Usir Hama, Ini Manfaat Ampas Kopi bagi Tanaman

Ilustrasi ampas kopi. (Pixabay)

Penulis: Gloria, Editor: Dera - Sabtu, 30 April 2022 | 22:30 WIB

Sariagri - Manfaat ampas kopi untuk tanaman memang sudah diketahui oleh banyak orang khususnya pecinta tanaman. Daripada dibuang, lebih baik gunakan ampas kopi untuk tanaman di halaman rumah, bukan?

Melansir Gardening Know How, manfaat ampas kopi tidak hanya berguna untuk menyuburkan tanah, melainkan juga sebagai pengusir hama tanaman.

Meski demikian, tidak semua tanaman bisa menerima ampas kopi yang sudah digunakan. Seperti tanaman azalea, hydrangea, blueberry, dan lili, yang menyukai ampas kopi segar karena bisa menambah keasaman tanah.

Adapun manfaat ampas kopi ini sebagai pengusir hama yakni untuk menjauhkan siput dari tanaman. Teorinya, kandungan kafein dalam bubuk kopi berdampak negatif terhadap hama ini sehingga mereka akan menghindari tanah di mana bubuk kopi ditemukan.

Baca Juga: Bisa Usir Hama, Ini Manfaat Ampas Kopi bagi Tanaman
Lupakan Racun dan Perangkap, 5 Tanaman Ini Dibenci Tikus

Beberapa orang juga mengklaim bubuk kopi di tanah adalah pengusir kucing dan akan mencegah hewan tersebut menggunakannya sebagai tempat tidur dan buang kotoran.

Kegunaan lainnya juga sebagai makanan cacing jika melakukan vermicomposting dengan wadah cacing. Pasalnya, cacing sangat menyukai ampas kopi.

Video Terkait