6 Manfaat Ini Kamu Dapatkan jika Mengonsumsi Buah Cranberry

Ilustrasi Cranberry (Pixabay)

Penulis: Triana, Editor: Putri - Kamis, 28 April 2022 | 23:00 WIB

Sariagri - Cranberry merupakan salah satu buah yang termasuk dalam kelas berries atau berry. Di Indonesia buah cranberry sulit untuk didapatkan. Buah yang berasal dari bagian utara Amerika Serikat ini berwarna merah dan memiliki rasa yang asam.

Jika melihat dari kandungan gizi dari buah ini, jelas sudah tak diragukan lagi. Cranberry diketahui mengandung vitamin A, vitamin B Carotene, vitamin C, rendah kalori, lutein, folate, potasium dan magnesium. Dengan kandungan gizinya yang berlimpah, cranberry memberikan banyak manfaat bagi tubuh.

Mengetahui banyaknya senyawa yang dimiliki cranberry, berikut manfaatnya untuk kesehatan seperti yang dilansir dari Medical News Today.

1. Mengatasi Infeksi Saluran Kemih

Kandungan Proanthocyanidins antioksidan pada buah cranberry berperan agar bakteri-bakteri penyebab infeksi tidak menempel di dinding kemih, itulah kenapa buah ini dapat mengatasi saluran kemih.

2. Atasi Pencernaan

Buah cranberry yang mengandung phytochemical akan menghambat produksi bakteri H. pylori untuk menjaga kesehatan pencernaan. Nah, buat kamu yang mengalami masalah pencernaan sebaiknya konsumsi buah ini dengan rutin.

3. Meningkatkan Kemampuan Otak

Senyawa antioksidan dan anti peradangan dalam buah cranberry mampu meningkatkan daya ingat dan koordinasi. Jadi, konsumsilah buah cranberry secara rutin.

4. Mencegah Risiko Kanker

Buah cranberry juga mengandung polifenol (sejenis antioksidan) dan isoprenoid, keduanya dapat berkontribusi pada pencegahan kanker. Nah, konsumsilah jus cranberry ini dengan rutin agar terhindar dari radikal bebas.

5. Kesehatan Pasca-menopause

Penelitian menunjukkan bahwa mengonsumsi buah cranberry setiap hari dapat mengurangi kolesterol, khususnya pada orang yang sudah menopause, di mana risiko gangguan pada jantung lebih tinggi dibandingkan orang yang belum menopause.

6. Mencegah Resistensi Antibiotik

Sebuah penelitian yang dilakukan oleh McGill, Canada, menemukan bahwa ekstrak buah cranberry mampu mencegah terjadinya resistensi bakteri berkembang.

Baca Juga: 6 Manfaat Ini Kamu Dapatkan jika Mengonsumsi Buah Cranberry
Alasan Kenapa Vitamin C dalam Buah dan Sayur Harus Dikonsumsi Setiap Hari

Para peneliti memilih beberapa bakteri penyebab infeksi saluran kemih, pneumonia, dan gastroenteritis yang biasanya menjadi resisten terhadap pengobatan antibiotik.

Cranberry membuat dinding sel bakteri lebih mudah ditembus oleh antibiotik, sehingga bakteri kesulitan memompa antibiotik untuk keluar. Sayangnya, studi ini masih tergolong sebagai penelitian awal, sehingga membutuhkan kajian lebih lanjut.