4 Manfaat Biji Chia untuk Kesehatan, Kontrol Gula hingga Tekanan Darah

Biji Chia. (Pixabay)

Editor: Putri - Kamis, 28 April 2022 | 20:10 WIB

Sariagri - Biji chia atau chia seeds adalah biji hitam kecil dari tanaman chia atau Salvia hispanica. Berasal dari Meksiko dan Guatemala, chia adalah makanan pokok suku Aztec dan Maya kuno. Faktanya "chia" adalah bahasa Maya kuno artinya kekuatan.

Chia mengandung sejumlah besar serat dan asam lemak omega-3, protein berkualitas tinggi, serta beberapa mineral penting dan antioksidan.

Kandungan tersebut dapat meningkatkan kesehatan pencernaan, kadar omega-3 yang sehat untuk jantung, dan faktor risiko penyakit jantung dan diabetes.

Ukuran biji chia kecil, pipih, dan berbentuk lonjong dengan tekstur mengkilat dan halus. Warnanya berkisar dari putih hingga coklat atau hitam.

Biji-bijian ini sangat serbaguna. Dapat direndam dan ditambahkan ke bubur, dibuat menjadi puding, digunakan dalam makanan yang dipanggang, atau hanya ditaburkan di atas salad atau yogurt.

Karena kemampuannya menyerap cairan dan membentuk gel, biji chia juga dapat digunakan untuk mengentalkan saus atau sebagai pengganti telur.

Mengutip Healthline, berikut manfaat biji chia untuk kesehatan.

1. Meningkatkan Kadar Omega-3 dalam Darah

Asam lemak omega-3 sangat penting untuk tubuh dan otak. Biji chia adalah sumber omega-3 yang sangat baik.

2. Meningkatkan Kontrol Gula Darah

Memiliki kadar gula darah yang sehat sangat penting untuk kesehatan yang optimal. Penelitian pada hewan menunjukkan bahwa biji chia mengurangi resistensi insulin dan meningkatkan kontrol gula darah.

Penelitian pada manusia menunjukkan bahwa roti yang dibuat dengan biji chia menyebabkan penurunan respons gula darah dibandingkan dengan roti tradisional lainnya.

3. Menurunkan Tekanan Darah

Tekanan darah tinggi merupakan faktor risiko utama untuk penyakit kronis seperti penyakit jantung. Biji chia dan tepung chia keduanya ditemukan dapat menurunkan tekanan darah pada orang yang sudah memiliki kadar tinggi.

4. Meningkatkan Asupan Serat

Kebanyakan orang tidak mengonsumsi cukup serat. Asupan serat yang tinggi terkait dengan peningkatan kesehatan usus dan risiko berbagai penyakit yang lebih rendah.

Baca Juga: 4 Manfaat Biji Chia untuk Kesehatan, Kontrol Gula hingga Tekanan Darah
Senggani, Tanaman Liar yang Miliki Segudang Manfaat

28 gram biji chia menyediakan 9,75 gram serat, yang merupakan 25 persen dan 39 persen kebutuhan serat untuk pria dan wanita.

Karena kapasitas penyerapan airnya yang luar biasa, biji chia meningkatkan volume makanan di saluran pencernaan yang mengarah pada peningkatan rasa kenyang dan penurunan asupan makanan.

Video Terkait