Apa Saja Manfaat Bunga Kenanga? Yuk Simak dan Catat Info Dibawah Ini!

Ilustrasi bunga kenanga (Pixabay)

Editor: Tanti Malasari - Jumat, 29 April 2022 | 15:20 WIB

Sariagri - Siapa yang tidak mengenal bunga kenanga. Bunga cantik ini sudah lama digunakan sebagai bahan baku pembuatan parfum. Tidak hanya itu bunga ini juga sering dimanfaatkan sebagai aromaterapi.

Hal ini dikarenakan kandungan minyak atsiri atau minyak esensial dan senyawa bioaktif yang ada di dalam bunga kenanga dipercaya dapat memberikan manfaat untuk kesehatan.

Adapun manfaat bunga kenanga untuk kesehatan antara lain adalah:

1. Mencegah stres

Sejumlah penelitian menunjukkan bahwa menghirup aroma dari minyak esensial bunga kenanga dapat menurunkan tingkat kecemasan dan stres, serta meningkatkan mood.

Bahkan minyak ini telah terbukti dapat menambah efektivitas terapi pencegahan risiko bunuh diri pada pasien dengan depresi berat.

2. Menurunkan tekanan darah

Selain mencegah stress, manfaat bunga kenanga lainnya yaitu memiliki efek menurunkan tekanan darah sistolik dan diastolik serta melambatkan detak jantung.

Dampak ini tentu sangat bermanfaat untuk penderita hipertensi, terutama jika digunakan secara rutin.

3. Meningkatkan kualitas tidur

Minyak esensial dari bunga menawan ini, juga diketahui memiliki senyawa linalool yang dapat menghasilkan efek sedatif (penenang).

Senyawa ini dapat menurunkan aktivitas saraf di otak sehingga menimbulkan efek mengantuk dan membuat tidur menjadi lebih nyenyak.

Baca Juga: Apa Saja Manfaat Bunga Kenanga? Yuk Simak dan Catat Info Dibawah Ini!
Mengenal Makna Filosofi dari Bunga Kenanga Bagi Masyarakat Jawa

4. Mencegah dan meringankan gejala asma

Tidak ada yang menyangka, bunga kenanga ini nyatanya bisa dijadikan sebagai pengobatan sesak nafas atau asma. Sobat Agri bisa menggunakan minyak esensial ini di dada dan menghirupnya selama 15-20 menit.

5. Mengobati infeksi jamur

Bukan hanya tampilannya yang menarik, ternyata bunga ini juga dinilai efektif untuk mengobati infeksi jamur, terutama infeksi Candida albicans. Selain bunga ini juga memiliki sifat antibakteri, antijamur, dan antiinflamasi.