Tips Menyimpan Jamur Tiram agar Awet Sampai Seminggu

Ilustrasi jamur tiram putih (Foto: Pixabay)

Editor: Tanti Malasari - Sabtu, 7 Mei 2022 | 10:00 WIB

Sariagri - Jamur tiram adalah salah satu bahan pangan yang banyak dikonsumsi. Tentu saja ini bukan tanpa alasan, sebab jamur tiram memiliki rasa yang lezat dan kandungan gizinya yang banyak. Ditambah lagi harganya sangat terjangkau untuk semua kalangan.

Selain itu jamur tiram juga gampang dimasak dengan berbagai cara, seperti ditumis, digoreng, atau dimasak kuah. Bahkan ia juga kerap dijadikan sebagai camilan renyah saat senggang.

Namun sayangnya jamur tiram harus segera dimasak, karena tidak bisa bertahan lama. Selain itu jamur ini memiliki kadar air yang cukup tinggi. Oleh jika tidak segera diolah, jamur ini harus disimpan dengan baik dan benar. Jika tidak maka jamur akan lebih cepat busuk dan lembek.

Berikut tips menyimpan jamur tiram yang benar agar awet bertahan hingga satu minggu.

1. Jangan dicuci

Hindari menyuci jamur tiram jika ingin disimpan. Sebab sisa-sisa air cucian yang mengendap justru dapat membuat jamur tiram basah, berlendir, bau, dan cepat busuk. Saat ingin menyimpan, cukup lap saja menggunakan tisu kering.

2. Dibungkus dengan kertas

Tidak perlu pusing, kamu bisa melakukan cara sederhana ini dengan membungkusnya menggunakan kertas. Setelah dibungkus kertas, jamur tiram bisa dimasukkan ke dalam kantung plastik lalu simpan di kulkas. Dengan cara ini, jamur tiram bisa bertahan hingga satu minggu.

3. Disimpan dalam wadah tertutup

Selain dibungkus plastik, kamu juga bisa menyimpan jamur tiram di wadah kedap udara. Namun pastikan, untuk mengalasi wadah dengan tisu dapur agar jamur tiram tidak mudah lembek.

4. Suhu penyimpanan jamur tiram

Seperti yang telah disampaikan sebelumnya, jamur tiram harus segera diolah. Atau jika tidak jamur ini harus disimpan pada suhu yang tepat agar lebih awet. Suhu penyimpanan jamur tiram yang dianjurkan yakni sekitar 0-10 derajat celcius.

Baca Juga: Tips Menyimpan Jamur Tiram agar Awet Sampai Seminggu
Intip Faktor yang Pengaruhi Pertumbuhan Jamur Tiram agar Budidaya Bisa Sukses

Jika suhunya semakin rendah, maka semakin awet pula jamur tiramnya. Meski begitu, jamur tiram tidak boleh disimpan di bawah titik beku. Sebab, hal ini dapat menyebabkan kerusakan pada jamur tiram karena suhu penyimpannya terlalu dingin.

Jika disimpan di kulkas jamur tiram ini mampu bertahan hingga satu minggu. Jangan lupa untuk selalu memeriksa wadah dan tisu alasnya. Ganti tisu secara berkala terutama jika kena tetesan air kulkas. Meskipun hanya sedikit, tetapi air tersebut dapat mengurangi masa simpan jamur tiram dan membuatnya cepat busuk.

Video Terkait