Selain Untuk Bahan Pangan, Ini Manfaat Sorgum yang Jarang Diketahui

Ilustrasi sorgum (Pixabay)

Penulis: Tanti Malasari, Editor: Arif Sodhiq - Minggu, 8 Mei 2022 | 10:30 WIB

Sariagri - Sorgum adalah tanaman yang bijinya kaya akan nutrisi. Begitu besar kandungan dan manfaat dari sorgum, membuat banyak orang yang memilih sorgum sebagai bahan pangan yakni makanan pokok untuk program diet.

Hal ini dikarenakan sorgum mengandung seratyang tinggi dan memiliki kandungan berupa tambahan nutrisi yang tidak terdapat pada sumber karbohidrat biasa. Sebagai bahan pangan, sorgum berada pada urutan ke-5 setelah gandum, jagung, padi, dan jelai.

Ia kerap digunakan sebagai sumber karbohidrat pengganti nasi. Nutrisinya tidak jauh berbeda dari havermut, yang banyak ditemukan pada oatmeal.

Selain itu sorgum juga diklaim baik dikonsumsi penyandang diabetes lantaran kandungan gulanya yang rendah. Bagi mereka yang tengah melakoni diet, sorgum juga bisa jadi kawan bersantap yang ideal. Perut akan terasa kenyang lebih lama karena kandungan seratnya yang tinggi.

Selain diolah sebagai bahan pangan, seperti serealia dan sirup, sorgum juga banyak dimanfaatkan untuk berbagai macam kepentingan. Beberapa manfaat sorgum adalah sebagai berikut:

Baca Juga: Selain Untuk Bahan Pangan, Ini Manfaat Sorgum yang Jarang Diketahui
Berbagai Cara Mengolah Sorgum, Tanaman Biji-bijian yang Kaya Manfaat

1. Sebagai pakan ternak

Batang dan daun sorgum bisa menjadi santapan sehat bagi sapi, kerbau, kambing, dan domba.

2. Sebagai bahan dasar energi biodiesel, dan bahan pangan

Batang dari beberapa jenis sorgum dapat diolah menjadi etanol.

3. Sebagai bahan baku alkohol

Batang ini diketahui menghasilkan nira yang kemudian diolah menjadi gula atau sirup. Nira kemudian difermentasi dan mengalami proses distilasi sehingga menjadi etanol 95 persen.

4. Sebagai bahan baku industri

Sementara sebagai serat, tanaman bernama latin Sorghum bicolor ini bisa difungsikan sebagai bahan baku industri kertas dan papan partikel meja atau dinding.

5. Sebagai pupuk

Hampir semua bagian sorgum diketahui bisa digunakan sebagai bahan pupuk organik.

Video Terkait