5 Hal yang Harus Diperhatikan dalam Memelihara Rosemary, Apa Saja?

Tanaman Rosemary. (Foto: Unsplash)

Editor: Tanti Malasari - Senin, 2 Mei 2022 | 12:00 WIB

Sariagri - Kebanyakan orang tentu sudah tidak asing lagi dengan tumbuhan rosemary. Tumbuhan ini kerap hadir dalam berbagai jenis masakan western, seperti steak hingga aneka sup.

Pada hakikatnya rosemary termasuk dalam salah satu tumbuhan penghasil rempah-rempah. Ia banyak dimanfaatkan sebagai bumbu masak, yang dicampurankan pada makanan, bahkan beberapa jenis obat-obatan.

Rosemary masih termasuk satu kerabat dengan tanaman mint. Dalam habitatnya tanaman yang punya nama ilmiah Rosmarinus officinalis ini, tumbuh sebagai tanaman perdu.

Ia memiliki ketinggian berkisar antara satu hingga dua meter dan menyerupai semak pohon cemara. Bentuk daun rosemary runcing, dengan beraroma harum yang khas pada daunnya.

Berikut adalah 5 hal yang harus diperhatikan dalam memelihara rosemary.

1. Cahaya matahari

Dilansir The Spruce, tanaman rosemary membutuhkan sinar matahari penuh selama enam hingga delapan jam setiap hari agar dapat tumbuh subur.

Jika kamu menanamnya di dalam ruangan, pastikan untuk meletakkan di jendela yang menghadap ke selatan untuk cahaya terang, tetapi jangan biarkan terlalu panas.

2. Tanah

Rosemary adalah tanaman asli dari wilayah Mediterania. Oleh karena itu pastikan untuk memberi rosemary media tanam yang berpasir dan berdrainase baik.

3. Penyiraman

Untuk jadwal penyiraman, jangan setiap hari. Cukup siram rosemary saat kondisi media tanam benar-benar kering. Jangan biarkan media tanamnya dalam keadaan terlalu basah, karena bisa membuat akar menjadi busuk.

Baca Juga: 5 Hal yang Harus Diperhatikan dalam Memelihara Rosemary, Apa Saja?
Mengenal Rosemary, Tanaman Rempah Asal Mediterania yang Punya Aroma Khas

4. Kelembapan

Dikutip dari laman Horticulture Magazine, ada hama yang menjadi tantangan bagi rosemary, yaitu jamur tepung. Untuk mengantisipasi kemungkinan timbulnya jamur, gunakan kipas angin untuk menciptakan angin sepoi-sepoi selama beberapa jam sehari.

Sebab jika semakin sedikit kelembaban tanaman yang terpapar, maka semakin baik.

5. Pemangkasan

Apabila Sobat Agri ingin mempertahankan ukuran tanaman rosemary, maka rutin lakukan pemangkasan beberapa sentimeter pada bagian akar dari bagian bawah dan samping bola akar. Selanjutnya lakukan penanaman kembali dalam pot yang sama. Pastikan juga untuk memotong beberapa bagian atas pada saat yang sama untuk mengurangi beban kerja akar.