Tidak Hanya Menjaga Kesehatan Tubuh, Semangka Juga Baik untuk Kecantikan

Ilustrasi Buah Semangka (Pixabay)

Penulis: Triana, Editor: Putri - Senin, 2 Mei 2022 | 22:00 WIB

Sariagri - Semangka dikenal dengan kesegarannya yang cocok dikonsumsi ketika cuaca panas. Semangka memberikan rasa segar karena mengandung banyak air.

Namun, tahukah kamu bahwa buah semangka tak cuma bisa menyegarkan tubuh tapi juga bagus untuk perawatan wajah?

Berdasarkan Hezindagi.com, semangka memiliki kandungan vitamin dan antioksidan yang mampu membantu mencerahkan kulit. jika dikombinasikan dengan beberapa bahan lain, semangka bisa dibuat menjadi masker untuk mengatasi berbagai masalah wajah.

Diketahui, dalam buah semangka memiliki sekitar 90 persen air yang membantu mempertahankan kelembapan alami kulit.

Buah semangka memiliki kandungan yang kaya akan likopen, potasiu, vitamin A, vitamin C, vitamin B6 dan antioksidan, yang bisa membantu mengatasi berbagai macam masalah kulit.

Mulai dari jerawat, alergi hingga rusaknya lapisan kulit, dapat disembuhkan dengan masker alami yang terbuat dari semangkat.

Berikut beberapa tips membuat masker wajah dari semangka.

1. Semangka dan Madu

Perpaduan semangka dan madu membantu melembapkan kulit yang kering dan mencegah penuaan dini. Cara membuat masker ini cukup mudah, yaitu dengan mencampur 2 sendok teh jus semangka dan satu sendok madu. Aduk merata kedua bahan tersebut, lalu aplikasikan ke kulit. Biarkan selama sekitar 20 menit kemudian bilas dengan air dingin setelahnya.

Baca Juga: Tidak Hanya Menjaga Kesehatan Tubuh, Semangka Juga Baik untuk Kecantikan
Kaya Manfaat Bagi Kesehatan, Jangan Buang Lagi Kulit Semangka

2. Semangka dan Susu

Masker semangka yang dicampur dengan susu, bisa membantu mencerahkan kulit wajah. Cara membuatnya, blender semangka dengan susu secukupnya hingga membentuk pasta, lalu aplikasikan ke seluruh wajah dan diamkan selama 30 menit. Kemudian bilas dengan air dingin.

3. Semangka dan Mentimun

Dua bahan yang sama-sama bikin adem ini ternyata mencerahkan sekaligus melembabkan jika digabungkan. Untuk membuat masker dari kedua bahan ini, kamu cukup melembutkan semangka dan timun menjadi satu, kemudian aplikasikan ke wajah. Diamkan hingga 15-20 menit kemudian bersihkan wajah.

Video Terkait