Intip 6 Manfaat Alpukat untuk Program Hamil, Dapat Tingkatkan Kesuburan

Ilustrasi Alpukat (Unsplash)

Penulis: Triana, Editor: Putri - Jumat, 6 Mei 2022 | 17:40 WIB

Sariagri - Kehadiran buah hati adalah hal yang paling dinantikan dalam sebuah pernikahan. Namun, terkadang ada beberapa hal yang membuat berita baik tersebut tidak kunjung tiba. Jangan khawatir, ada berbagai macam cara yang bisa dilakukan agar cepat hamil pasca menikah.

Salah satu cara yang alami selain melakukan program hamil dengan berkonsultasi kepada dokter ialah dengan mengonsumsi buah alpukat. Alpukat diyakini dapat mengurangi risiko terjadi masalah pada sel telur hingga 70 persen.

Berikut beberapa manfaat yang dirangkum dari berbagai sumber tentang manfaat buah alpukat jika kamu rutin mengonsumsinya

1. Meningkatkan Kesuburan 

Manfaat buah alpukat saat menjalani program hamil ialah dapat meningkatkan kesuburan. Hal ini karena alpukat memiliki kandungan antioksidan dan serat yang tinggi.

2. Kaya akan Antioksidan

Saat sedang menjalani program hamil, konsumsi buah alpukat baik untuk menangkal radikal bebas. Alpukat mengandung antioksidan yang dapat melawan radikal bebas penyebab bebrbagai penyakit.

3. Kenyang Lebih Lama

Orang yang memiliki berat badan berlebih akan lebih susah memiliki anak. Saat mengonsumsi alpukat dapat membuat kenyang lebih lama, sehingga berat badan tetap stabil.

4. Tidak Mengandung Substansi Berbahaya

Alpukat layak menjadi pilihan buah untuk program hamil karena tidak mengandung substansi yang berbahaya atau berisiko. Utamanya, alpukat tidak mengandung kadar gula tinggi, lemak jahat atau sodium.

5. Peluang Berhasil Program Bayi Tabung

Manfaat alpukat untuk program hamil selanjutnya datang dari kandungan asam lemak tak jenuh tunggal (monounsaturated fatty acids) yang bisa mengurangi risiko ketidaksuburan sel telur.

Dalam sebuah penelitian yang dilakukan pada 2016 lalu, ditemukan bahwa perempuan yang mengonsumsi alpukat secara rutin 3,5 kali lebih besar kemungkinan berhasil hamil dari program bayi tabung.

Baca Juga: Intip 6 Manfaat Alpukat untuk Program Hamil, Dapat Tingkatkan Kesuburan
Hindari Serangan Jantung dengan Banyak Makan Alpukat

6. Tinggi Kalium

Mengonsumsi makanan yang kaya akan kalium sangat penting bagi tubuh. Apalagi untuk kamu dan pasangan yang sedang merencanakan kehamilan.

Salah satu buah yang mengandung kalium tinggi adalah alpukat. Kalium diketahui mampu mengatur tekanan darah dan mencegah penyakit jantung. Bila kekurangan kalium, komplikasi kehamilan bisa saja terjadi.