Cina Buka Kembali Pos Pemeriksaan Impor Buahan dari Negara Ini

Buah Durian. (Pixabay/karolranis)

Editor: Arif Sodhiq - Senin, 2 Mei 2022 | 10:15 WIB

Cina membuka kembali seluruh pos pemeriksaan perbatasan darat untuk mengizinkan impor buah-buahan asal Thailand setelah sempat ditutup karena COVID-19.

Penasihat Menteri Pertanian dan Koperasi Thailand, Alongkorn Ponlaboot, mengatakan seluruh pos pemeriksaan perbatasan termasuk penyeberangan Youyi Guan, Dongxing, Mohan, dan Ping Xiang telah dibuka kembali.

Ini kabar baik bagi para petani di Thailand, khususnya pemilik kebun durian, ujarnya seperti dikutip New Straits Times.

Pengiriman durian Thailand dalam jumlah besar ke Cina bulan lalu dibatalkan setelah karena COVID-19.

Mengikuti standar nol COVID yang diterapkan Thailand, pengiriman kedua menggunakan kereta api pada minggu lalu.

Menurut Bangkok Post, pihak berwenang Thailand mengatakan untuk memastikan kelancaran transportasi, semua pihak yang terlibat dalam rantai pasokan perlu menjaga standar sanitasi sebelum pengiriman. Langkah ini untuk menghindari risiko kontaminasi oleh berbagai penyakit termasuk COVID-19.

Baca Juga: Cina Buka Kembali Pos Pemeriksaan Impor Buahan dari Negara Ini
Lewat Jalan Darat, Thailand Ekspor 425 Ton Durian ke Cina dengan Kereta Api

Sebelumnya diberitakan Pemerintah Thailand mengekspor 425 ton durian ke Cina senilai 75 juta baht atau lebih dari Rp31 miliar. 

Pengiriman ini merupakan kali kedua setelah yang pertama gagal melewati inspeksi keamanan COVID-19 pada 14 April 2022. Ini mendorong Kementerian Perdagangan Thailand melakukan pengawasan lebih menyeluruh terhadap ekspor produk untuk memastikan bebas dari risiko dan terpenuhinya semua standar keamanan.

 

Video Terkait