3 Cara Konsumsi Daun Pepaya, Bisa Jadi Masker Wajah Juga Lho

Hortikultura - Ilustrasi Daun Pepaya (Pixabay)

Editor: Tanti Malasari - Rabu, 4 Mei 2022 | 19:00 WIB

Sariagri - Pepaya adalah buah yang sangat populer dan banyak digemari masyarakat Indonesia. Selain rasanya yang enak dan menyegarkan, pepaya memiliki banyak manfaat. Tidak hanya buahnya saja, daunnya pun banyak dimanfaatkan menjadi ramuan herbal.

Melansir dari Health Benefit Times, daun pepaya mengandung antioksidan, vitamin, mineral, dan karbohidrat. Kandungan yang ada di dalamnya ini dianggap efektif untuk menjaga sistem kekebalan tubuh dan mencegah berbagai penyakit. Lantas bagaimana cara penyajiannya, berikut ringkasannya.

Cara konsumsi daun pepaya

1. Jus

Kamu bisa mengonsumsi daun pepaya dengan cara di jus. Caranya masukkan 10 lembar daun pepaya, tambahkan air secukupnya dan gula (apabila tidak ingin pahit) lalu blender hingga teksturnya lembut.

Sebagai catatan apabila tidak segera diminum, sebaiknya simpan jus daun pepaya dalam lemari es. Dengan begitu jus ini bisa bertahan hingga 4 hari setelah dibuat.

2. Teh

Cara kedua dengan membuat teh. Ambil 10 lembar daun pepaya, cuci bersih, lalu keringkan. Robek-robek daunnya terlebih dahulu lalu didihkan bersama 2 liter air hingga airnya berkurang 50%. Kemudian saring air rebusan dan segera konsumsi.

Jika tidak simpan dalam kulkas. Sama halnya dengan jus, teh daun pepaya bisa bertahan hingga 4 hari. Kamu bisa menyajikannya dengan menambahkan gula atau madu.

3. Masker

Ambil 2-4 lembar daun pepaya, dan jemur di bawah sinar matahari langsung. Lalu tumbuk daun dengan menambahkan sedikit madu. Setelah itu kamu bisa langsung mengaplikasikan pada kulit atau wajah.

Diamkan selama beberapa saat kurang lebih 20 menit atau sampai mengering. Baru setelah itu kamu bisa membilasnya dengan menggunakan air dingin.

Baca Juga: 3 Cara Konsumsi Daun Pepaya, Bisa Jadi Masker Wajah Juga Lho
Intip Manfaat Daun Pepaya yang Dikenal Sebagai Obat Penyakit Malaria

Efek samping daun pepaya

Perlu diingat, meskipun daun pepaya memiliki banyak manfaat, namun daun ini juga memiliki beberapa efek samping yang bisa ditimbulkan, yakni:

1. Menimbulkan alergi.

Enzim papain pada daun pepaya dapat menimbulkan reaksi alergi seperti mata pedas dan hidung berair.

2. Berbahaya bagi ibu hamil.

Bagi ibu hamil tidak disarankan untuk mengonsumsi daun pepaya. Sebab enzim papain bisa beracun bagi janin sehingga berimbas keguguran.

Video Terkait